Metro Kendari

BPTD dan Dishub Sultra Gagas Zona Keselamatan Transportasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Kementerian Perhubungan akan menghadirkan program zona keselamatan transportasi di Sultra. Tujuannya, untuk menciptakan lingkungan transportasi yang aman, selamat, tertib dan lancar.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Kementerian Perhubungan Sultra, Benny Nurdin Yusuf.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Kementerian Perhubungan Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan, ide besar ini sudah dibahas dengan Kepala Dinas Perhubungan, Hado Hasina. Karena itu, pihaknya berkomitmen menjadikan Sultra sebagai daerah percontohan zona keselamatan transportasi. Untuk menghadirkan program ini tentu perlu dukungan dari semua stakeholder sebab untuk merealisasikan harus menyiapkan infrastruktur.

Kalau di dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK), kata dia, harus mewujudkan jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan pasca kecelakaan. “Nah ini semua harus kita dukung dengan gerakan bersama. Harus saling bersinergi untuk mewujudkan itu. Sehingga simpul-simpul transportasi terminal, bandara dan pelabuhan menjadi lebih baik,”tegasnya.

Mengenai kawasan tertib lalu lintas, pihak kepolisian sudah membuat itu. Tetapi hanya terbatas di beberapa ruas. “Kita akan perluas zona ini, di lima daerah di Sultra, di antaranya Kota Kendari, Baubau serta Wakatobi, ” katanya. “Ini belum pencangan, baru ide besar kami. Ini sudah kita mulai secara masif menyuarakan supaya seluruh stakeholder bergerak. Kalau ini sudah rapi dan bagus, baru kita undang gubernur untuk mencanangkan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina menjelaskan program ini adalah bagian dari visi misi Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Mewujudkan Sultra yang aman, maju dan sejahtera yang tertuang dalam Sultra Emas. “Saya merancang zona keselamatan dan sudah disepakati sebelumnya. Saya yakin ini akan bermanfaat untuk masyarakat,” tutup mantan Pj. Wali Kota Baubau itu. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy