Pariwara
Kolom

Bertindak Salah Tanpa Penjara, Oleh: La Ode Diada Nebansi

La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilu baru-baru, banyak memberikan pelajaran. Banyak memberikan ilmu baru. Banyak memberikan inspirasi baru. Pelajaran satu, tak ada guna kamu memberi bantuan pada tahun ke satu, dua, tiga dan empat, jika maksud bantuanmu dalam rangka merawat pemilihmu. Jika membantu supaya dipilih, lakukanlah disaat-saat menjelang Pemilu.

Pelajaran dua, duit serangan fajar terbesar terjadi pada TPS yang menggelar PSU. Artinya, untuk mendapatkan duit serangan fajar yang lebih besar maka, TPS tempat kamu mencoblos harus dibuat PSU. Di TPS yang menggelar PSU kan tak ada orang yang terpenjara. Yang ada adalah, “panen raya” serangan fajar. Ini namanya, bertindak salah tanpa penjara.

Pelajaran ketiga, untuk menjadi pemimpin ternyata tak perlu pintar. Tak butuh indeks prestasi tinggi. Ibarat kata, ijazah Paket C sekalipun jika kamu memiliki duit, pergaulanmu luas dan berjiwa sosial, maka jalanmu menuju pemimpin hasil pemilihan rakyat pasti dan dijamin mulus. Nonsense dengan ijazah dari perguruan tinggi bergengsi dan farek dengan IP cumlaude. Ini juga bertindak salah tanpa penjara.

Ini prolognya. Kita sepakati sebagai tindakan salah, tapi mau diapa, zaman menerimanya. Syarat menjadi pemimpin zaman ini harus memiliki banyak duit. Kecerdasan tak lagi dibutuhkan. Orang pintar tapi pelit singkirkan jauh-jauh. Jika kamu orang pintar, tidak pelit, tapi kamu tak punya uang mungkin boleh “dipakai” dengan catatan, setelah yang lain “muntah-muntah” jabatan. Ini pun, tindakan salah tanpa penjara.

Apa maksudnya menulis ini? Maksudnya, untuk mengingatkan para kepala daerah yang tahun depan akan menggelar Pilkada serentak. Terutama, dalam menempatkan pejabat harus diseleksi sesuai tuntutan zaman. Mulai dari Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, Camat, Kepala Dinas, harus diyakinkan bahwa anda ditempatkan di jabatan ini dalam rangka suksesi periode kedua.

Bagaimana dengan syarat KASN? Saya mau tanya balik. Melanggar anjuran KASN di penjara kah? Kayanya belum ada Gubernur/Bupati/Wali kota yang di penjara gara-gara melanggar rekomendasi KASN. Yang penting sesuaikan pangkat golongannya. Kalau ada yang tinggi pangkatnya tapi pelitnya minta ampun, singkirkan dengan cara undang-undang. Saya kira, kalian fahamlah. Wow kodoong, tambah salah walau tanpa penjara.

Misalnya, kalau tak ada sarjana perencanaan pembangunan untuk ditempatkan sebagai Ketua Bappeda, kayanya bisa diambilkan dari guru matematika karena di Bappeda juga kan ada berhitungnya.
Kalau tak ada sarjana pertambangan untuk ditempatkan sebagai Kadis ESDM, saya kira guru geografi bisa diangkat sebagai Kadis ESDM, karena pelajaran geografi juga mempelajari nama-nama hasil tambang dan nama-nama batu. Alee inae. Salah tapi kalian benarkan.

Kalau Kadis Catatan Sipil diyakini melemahkan perjuangan bupati/wali kota ke periode kedua, tak bisa bergaul dan tak punya duit, sedangkan kandidat pengganti juga tak ada sarjana Kependudukan, mungkin bisa diganti dengan sarjana lain tapi mamanya harus sando (dukun beranak). Pooh, tambah koliru. Tapi ndak apa-apa karena ndak di penjara. Karena itu, kepala daerah harus memahami psikologi pemilih. Kalau pemilih mencari serangan fajar, yah, siapkan serangan fajar. Kalau pemilih menginginkan silaturrahmi, yah, instruksikan kepada seluruh Kadis, Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Desa untuk rajin silaturrahmi dengan rakyat.

Dan, sampaikan bahwa: Bupatiku, wali kotaku, mau ke periode kedua. Kalau pemilih menginginkan pembangunan jalan, yah, bangunkan jalan di desanya. Tapi ingat, proyek jalan yang dibangun upayakan ada untungnya untuk dibagikan ke mereka lagi menjelang pemilihan. Bagaimana dengan kualitas proyek? Saya sudah bilang dari tadi, ndak pusing dengan kualitas. Yang penting tidak melanggar hukum. Saya kira, kalian fahamlah. Sesungguhnya, inipun tindakan salah walau tanpa hukuman. (nebansi@yahoo.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy