Metro Kendari

Amankan Data, BSSN Desak Pemprov Sultra Bentuk CSIRT

Ia menambahkan, Pemprov Sultra harus segera berbenah. Sebab aplikasi CSIRT itu membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mempuni. Tahun 2024 mendatang, CSIRT di semua provinsi harus sudah terbentuk, tapi BSSN mau lebih cepat dari itu.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Kominfo Sultra, Yusrianto menuturkan Sultra dipilih menjadi salah satu dari 17 provinsi pertama yang diperkanalkan dengan mekanisme pembentukan CSIRT itu. Sehingga, sebuah keharusan bagi Kominfo untuk merespon cepat program tersebut.

Ke depan, kata dia Pemprov Sultra akan menerapkan sistem pemerintah berbasis elektoronik. Salah satunya dengan tanda tangan elektronik terhadap suatu dokumen. “Kalau sudah begitu ancaman pembobolan pasti lebih banyak lagi, jadi memang harus safety betul,” katanya.

Ia mengaku, saat ini masalah SDM menjadi kendala utama. Makanya strateginya akan diperbanyak lagi workshop dan pelatihan terkait siber. “Kita memang harus banyak belajar, banyak koordinasi lagi dengan pusat,” pungkasnya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy