Akses Medsos-WA Dibatasi Sampai 25 Mei, Kominfo Imbau Pakai SMS atau Voice Call – Kendari Pos
Nasional

Akses Medsos-WA Dibatasi Sampai 25 Mei, Kominfo Imbau Pakai SMS atau Voice Call

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membatasi akses media sosial (medsos) dan beberapa platform instant messaging. Hal tersebut disampaikan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/5). Pembatasan akses ini untuk meredam perederan informasi palsu atau hoax yang beredar dan terkait dengan serangkaian aksi massa di sejumlah kawasan Jakarta sejak Selasa (21/5) malam, kemarin.

Menkominfo Rudiantara memamparkan, pembatasan bersifat sementara dan bertahap. “Pembatasan dilakukan untuk platform medsos dan beberapa fiturnya seperti berbagi foto dan video serta instan messaging seperti WhatsApp (WA),” ungkapnya.

Rudiantara lebih jauh menjelaskan, masyarakat (dengan kepentingan tertentu) sering kali mengirim postingan yang meresahkan atau hoaks via unggahan di medsos seperti Facebook, Instagram, dan instant messaging WA. Parahnya lagi, kebanyakan foto dan video yang viral berisi konten negatif yang lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya.

“Teman-teman akan mengalami kelambatan untuk mengirim, mengunduh foto, dan video serta akses lainnya. Yang bahaya itu bukan yang diunggah di Facebook atau Instagram, tetapi yang dikirim langsung lewat WA misalnya. Secara psikologis, foto dan video yang dibagikan langsung menyentuh emosi. Bagi yang menelan mentah-mentah informasinya, itu bahaya,” jelasnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top