Tips Menyimpan Nasi yang Benar Guna Menghindari Diare – Kendari Pos
Kesehatan

Tips Menyimpan Nasi yang Benar Guna Menghindari Diare

KENDARIPOS.CO.ID — Nasi sisa merupakan hal yang lumrah terjadi pada dapur rumah tangga. Agar nasi bisa dimakan kembali, para ibu rumah tangga biasanya menyimpan dalam wadah tertentu. Tapi, apakah cara yang dilakukan sudah benar?

Setiap kali memasak nasi, biasanya dilakukan untuk 2-3 kali makan dalam sehari. Nasi yang tersisa dari makan siang pun disimpan untuk malam harinya.

Nasi (Freepik/ xb100)

Tapi sayangnya, nasi yang disimpan dengan cara tak tepat bisa menyebabkan penyakit seperti diare. Menurut National Health Service di Inggris, pada dasarnya nasi sisa tidak aman dikonsumsi. Ketika nasi yang sudah dimasak didiamkan terlalu lama pada suhu kamar bisa menimbulkan bakteri ‘Spora Bacillus cereus’, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Bahkan, menurut U.S. Department of Health & Human Services, dilansir dari Romper, Rabu (3/4), anda dapat mengalami diare berair, kram perut, mual, dan muntah.

Untuk menghindari masalah-masalah potensial ini, direkomendasikan untuk mendinginkan nasi setelah memasaknya. Setelah itu, Anda bisa simpan di dalam lemari es selama tidak lebih dari satu hari jika ingin dipanaskan kembali.

Tapi, ketika Anda ingin memanaskan nasi jangan melakukannya lebih dari sekali. Aturan ini juga berlaku untuk setiap makanan yang Anda beli dari luar.(jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top