Pariwara
HEADLINE NEWS

Terdaftar Sebagai Pemilih, Pasien Sakit Jiwa di Kendari Mencoblos di TPS 04 dan 16

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan umum akan berlangsung, Rabu (17/4/2019) besok. Sebanyak enam orang pasien yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Kendari akan menyalurkan hak politiknya, Rabu (17/4).

Orang gila dikurung.

Mereka akan memilih di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbeda di antaranya TPS 4 dan TPS 16 Kelurahan Tobuuha, Kecamatan Puuwatu. Mereka tidak akan dibuatkan TPS khusus sehingga harus berbaur bersama masyarakat umum.

“Sebelumnya pada Maret 2019, pihak RSJ merekomendasikan beberapa pasien dan hanya delapan yang dapat kami data. Jadi mereka terdaftar sebagai daftar pemilih tetap tambahan (DPTb). Namun dua diantaranya belakangan kami ketahui sudah keluar dari RSJ,” ujar Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari La Ndolili saat ditemui di Gudang Logistik KPU, Selasa (16/4).

Lebih jauh dia menjelaskan, pasien rumah sakit jiwa ini boleh memilih sepanjang tidak ada surat keterangan dari dokter RSJ Kendari yang berwenang, bahwa pasien yang dimaksud dalam kondisi tidak mampu memilih. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari risiko kekacauan yang bisa ditimbulkan pasien di TPS. “Yang tahu pasti kondisi pasien ini kan pihak RSJ. Mereka tidak akan membiarkan pasien ke TPS jika dinilai kondisi kesehatannya tidak stabil,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Direktur RSJ Kendari, Amirudin membenarkan hal tersebut. Mereka akan didampingi baik oleh keluarga maupun perawat jika kondisinya memang memungkinan untuk hadir di TPS. “Jika dipastikan keadaan mereka baik, maka akan didampingi untuk ke TPS terdekat,” ujarnya.

Dirinya mengaku tidak akan membiarkan pasien untuk mencoblos jika kondisinya tidak memungkinkan. “Itu dokter kejiwaan yang berwenang menilai,” tutupnya. (m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy