HEADLINE NEWS

Saling Klaim Menang di Dapil III, Ini Daftar Caleg yang Berpotensi ke Parlemen Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra belum melakukan penetapan perolehan suara partai hasil pemilihan umum legislatif 2019. Proses rekapitulasi saat ini masih berlangsung di tingkat kecamatan dan kabupaten. Kendati begitu, sejumlah partai sudah mengklaim kadernya duduk di DPRD Sultra. Khusus daerah pemilihan (Dapil) III meliputi Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Utara, nama-nama yang mengisi enam kursi wakil rakyat mulai mengerucut. Beberapa partai mengandalkan perhitungan internal dan rekapitulasi form C1 dari sistem perhitungan Komisi Pemilihan Umum. Dari data yang dihimpun Kendari Pos, sejumlah nama dari partai lama masih bertengger di posisi teratas (Lihat tabel dibawah).

Misalnya Partai Demokrat yang sangat optimis mengamankan satu kursi. Incumbent La Ode Taufan Alam digadang-gadang kembali terpilih setelah unggul di perhitungan tim internal. Suara Taufan bahkan diyakini mendongkrak perolehan partai secara signifikan. Selain dia, Abdul Salam Sahadia juga berpeluang menang. “Suara partai kami tertinggi,” kata Taufan saat dihubungi, kemarin.

Dibawah Demokrat, partai besutan Muhaimin Iskandar menempel ketat. Kader Partai Kebangkitan Bangsa La Ode Muhammad Marshudi disebut-sebut paling berhak atas jatah kursi partai. Bersama dia ada nama La Ode Syahrudin Kaeba. Kendati begitu, ia menolak berkomentar mendahului putusan resmi KPU. Meski demikian, ia memberi bocoran jika memang partainya unggul jauh diatas partai besar lainnya. “Kami tidak kurang dari 15.000 suara. Soal siapa kader yang duduk, tidak etis kalau saya mau mengklaim. Biar kita tunggu putusan KPU saja,” kata Marshudi.

Partai Golongan Karya ikut ambil bagian dalam klaim kemenangan, meskipun masih malu-malu. Internal partai beringin tersebut menjagokan dua srikandi partai yang berpotensi melenggang mulus ke senayan provinsi. Nama petahana Wa Ode Siti Nurlaila dan Sitti Nur Aida diyakini meraih karpet kuning menuju ruang sidang DPRD. Namun demikian, internal partai belum mau sesumbar. “Lebih jelasnya, kami masih tunggu rekapitulasi resmi. Belum etis di publis,” kata La Ode Dyrun, Wakil Ketua DPRD Muna dari partai Golkar.

Satu lagi partai yang yakin meraih satu kursi ialah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Partai penguasa nasional itu yakin meraih kursi ke empat. La Ode Frebi Rifai, anggota DPRD Muna yang maju ke provinsi yakin mengunci kursi tersebut. Menurutnya, PDIP meraih lima digit suara. “Saya sendiri khusus Muna, sudah 6.000. Itu susah terkejar. Paling dekat hanya La Nika,” akunya.

Partai berikut yang yakini kadernya tinggal menunggu pelantikan ialah Partai Amanat Nasional. Lukman, Sekretaris PAN Muna menyebut tiga kader mataharinya yang berpotensi ialah La Ode Koso, Muniarti M Ridwan dan Wa Ode Sitti Farida. “Insyallah tidak akan meleset itu,” sebutnya. Selain partai diatas, Nasdem disebut-sebut juga akan mewarnai legislasi di Kendari. Oleh kader internal, La Ode Tariala di amini tidak terbendung. Sambil menunggu putusan resmi penyelenggara Pemilu, setidaknya masyarakat sudah dapat memproyeksi figur yang mewakili aspirasinya di senayan provinsi. Meski demikian, dinamika demokrasi selalu berjalan cair. Segala kemungkinan masih bisa terjadi. Siapa wakil rakyat terpilih masih menunggu palu sidang di ketuk saat pleno KPU Provinsi Sultra. (b/ode)

Potensi Caleg Lolos di Parlemen Sultra
Dapil III Muna, Muna Barat, Buton Utara:

*Partai Demokrat
-LM Taufan Alam
-Abdul Salam Sahadia

*PKB
-La Ode Muhammad Marshudi
-La Ode Syahrudin Kaeba

*Partai Golkar
-Wa Ode Siti Nurlaila
-Sitti Nur Aida

*PDI Perjuangan
-La Ode Frebi Rifai
-Drs. La Nika

*PAN
-La Ode Koso
-Muniarti M Ridwan
-Wa Ode Sitti Farida

*Partai NasDem
-La Ode Tariala
-La Ode Ikhsanuddin Saafi

Sumber Data: Diolah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy