Puluhan Rumah Terendam Banjir di Kolut, Jalan Trans Sulawesi Putus Total – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Puluhan Rumah Terendam Banjir di Kolut, Jalan Trans Sulawesi Putus Total

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka Utara sejak, Minggu (28/4/2019) malam membuat beberapa pemukiman warga terendam banjir. Tidak hanya itu, jembatan jalan Trans Sulawesi Desa Mataiwoi Kecamatan Ngapa putus total hingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Jalan Trans Sulawesi Desa Mataiwoi Kecamatan Ngapa putus total hingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Banjir ini terjadi di Kelurahan Batu Putih Kecamatan Batu Putih sekira pukul 21.00 wita (28/4). Ketinggian air setinggi lutut urang dewasa. Warga pun sempat mengungsi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya di Batu Putih, banjir juga melanda Desa Toaha Kecamatan Pakue dengan ketinggian air berkisar 40 cm dan merendam delapan unit rumah warga. Kejadian tersebut berlangsung pukul 23.00 Wita. Penyebab banjir akibat meluapnya sungai Desa Mataiwoi Kecamatan Ngapa.

Kapolsek Ngapa, Ipda Adianto mengatakan jika di wilayah tugasnya yakni Desa Mataiwoi juga terkena dampak banjir. Hujan deras menyebabkan sungai setempat meluap. Belum diketahui jumlah rumah yang tergenang namun air sudah berangsur surut saat ini. “Warga waspadai hujan deras susulan karena setiap hari Kolut diguyur hujan,”ucapnya.

Lanjut kapolsek, banjir tersebut juga memutuskan jembatan poros Trans Sulawesi desa setempat. Perjalanan lumpuh total dan belum bisa dilalui kendaraan. Tidak sampai di situ, dua tiang listrik juga rebah yang salah satunya melintang di jembatan putus tersebut. “Listrik mati,” katanya.

Akibat pengikisan sungai tersebut, sebuah rumah di bantaran dekat jembatan itu milik Hamdana (55) juga terancam roboh dan hanyut. Pihaknya bersama warga telah membantu Hamdana mengosongkan rumahnya untuk saait ini dengan mengungsi ke tetangganya.

Kepala BPBD Kolut, Syamsuryani yang dikonfirmasi menjelaskan pihaknya sejak semalam telah mengerahkan anggotanya ke lokasi. Dan masih mendata total rumah terdampak banjir dan kerusakan yang ditimbulkan.

Ia masih merampungkan berbagai laporan karena tidak menutup kemungkinan masih banyak kerusakan lain akibat hujan deras semalam. “Sementara kami data. Kami juga sementara mencatat jumlah kerugiannya. Nanti kami informasikan perkembangan terbaru,” ucapnya.

Terkait musibah tersebut, Wakil Bupati Kolut, H. Abbas yang ditemui di kompleks perkantoran pemkab telah merespon hal tersebut. Melalui Kadis PU Kolut, Mukramin mengatakan telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak Balai Jalan dan Jembatan Pemprov Sultra. “Sementara sedang mobilisasi alat ke lokasi hari ini juga. Secepatnya akan dihubungkan kembali,” pungkasnya. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top