Pasca Pemilu, Harga Ikan di Kendari Merangkak Naik – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Pasca Pemilu, Harga Ikan di Kendari Merangkak Naik

Hal serupa juga terjadi di Pasar Sentral Kendari. Di pasar tersebut harga ikan kembung berada dikisaran harga Rp 40 ribu/kg. Bahkan, harga ikan teri yang merupakan ikan favorit masyarakat Kendari juga mengalami kenaikan, harganya sudah mencapai Rp 25 ribu/kg yang sebelumnya hanya Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu/kg.

“Sekarang harga ikan mahal sekali. Biasanya ikan teri saya beli hanya Rp 15 ribu 3 gantang atau 1 kg. Sekarang harganya sudah Rp 25 ribu/kg. Kata penjualnya terang bulan,” ujar Norma salah satu pembeli di Pasar Sentral Kendari.

Di tempat yang sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI, Ir. Tjahya Widayanti, M. Sc., mengatakan fenomenal naiknya harga komoditas ikan di Sultra belum diketahui pasti apa penyebabnya. Apakah mahal karena nelayan tidak melaut karena melakukan pencoblosan ataukah karena faktor cuaca. “Belum tentu karena pemilu. Bisa jadi karena cuaca buruk sehingga nelayan enggan melaut,” ujarnya saat melakukan pemantauan di beberapa pasar rakyat yang ada di Sultra.

Ia pun memastikan bahwa harga-harga komoditas pangan di Sultra aman hingga bulan ramadan dan lebaran nanti. “Kami hadir di Kendari untuk memastikan komoditas pangan di Sutra aman hingga lebaran nanti. Sejauh ini berdasarkan pemantauan saya aman-aman saja. Kalaupun terjadi kelangkaan atau mahalnya beberapa komoditas pangan, saya imbau Disperindag untuk melakukan penetrasi pasar atau operasi pasar,” tegasnya. (ags/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top