Pariwara
Politik

Pakar Politik: PSU di Sultra, Suara Caleg Berpeluang Berubah

Karena kuota kursi DPD RI hanya empat, maka yang berada di peringkat empat dan lima bisanya berpeluang terjadi pergeseran. Sedangkan di posisi pertama, kedua dan ketiga relatif lebih aman,” ungkap Najib saat dihubungi, Selasa (23/4).

Dosen Ilmu Politik Universitas Halu Oleo ini, menuturkan berdasarkan teori peluang, perubahan terhadap perolehan suara tetap ada. Terlebih dengan jumlah kasus PSU yang cukup banyak. Sementara itu untuk DPR RI, kata dia, metode Sainte Lague yang digunakan menyebabkan persebaran perolehan suara antara partai yang satu dengan yang lain lebih besar. Hasil quick count tentang calon berpeluang ke senayan yang dirilis lembaga survei tetap berpeluang berubah.

Mantan Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sultra ini menekankan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam PSU biasanya menurun dari Pemilu reguler. Itu berdasarkan hasil riset baik secara lokal di Sultra maupun nasional. Sehingga bisa mempengaruhi suara para kontestan baik secara positif maupun negatif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy