Nasional

MA Siapkan 234 Hakim Sengketa Pemilu

Mahkamah Agung

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Mahkamah Agung (MA), Supandi menyikapi persiapan pemilihan umum 2019 pihaknya mengaku telah menyiapkan 234 hakim khusus untuk mengadili sengketa yang ada. Dirinya pun memastikan bahwa hakim yang dipilih oleh pihaknya telah memenuhi klasifikasi dan. “Di sini hakimnya bukan sembarang. Mereka harus ditatar, dilatih, dibimbing dan disertifikasi, diberi sertifikat yang bersangkutan mampu menyelesaikn sengketa Pemilu,” kata Supandi di Jakarta, Jumat (5/4).

Lanjut Supandi menjelaskan dalam menangani perkara pemilu ini terdapat dua tingkatan, yakni tingkat pertama dan banding. Hakim tingkat pertama sebanyak 217 dan hakim tingkat banding sebanyak 17 orang. MA, lanjut dia, hanya mengatasi terkait persoalan pelangggaran administrasi pemilu. Namun, perkara itu harus diselesaikan sebelum hari pemungutan suara pada 17 April. “Pelanggaran administrasi pemilu harus diselesaikan sebelum masa pencoblosan, pelanggaran administrasi pemilu diperiksa Bawaslu, melihat ada pelangaran, rekomendasi yang bersangkutan dicoret,” kata dia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy