Pariwara
HEADLINE NEWS

Lomba Busana Rayakan Kartini Day di Kendari Pos, Ibu PKK Tampil Memukau dengan Tenun Daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Memeriahkan hari kelahiran tokoh wanita RA.Kartini, Kendari Pos bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari menggelar lomba peragaan busana, memasak dan lomba make up bagi ibu-ibu dari setiap Kecamatan/Kelurahan.

Suasana peragaan busana di Aula Kendari Pos.

Acara perayaan Kartini Day ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Siti Ganef di Aula Graha Pena Kendari Pos, Rabu (24/4/2019). Seremoni pembukaan diawali dengan penampilan tari kreasi dari sanggar Exist Management. Dilanjutkan dengan pembacaan biografi singkat Raden Adjeng (RA) Kartini.

Siti Ganef mengatakan, peringatan hari Kartini digelar sebagai momen dalam mengenang jasa Kartini. Menurut ia, tidaklah berlebihan jika peringatan Hari Kartini di Kendari diisi dengan berbagai lomba yang melibatkan ibu-ibu PKK kelurahan dan kecamatan.

“Lombanya sangat edukatif. Ada lomba busana Kartini, lomba make up dan lomba memasak. Ini juga sebagai upaya pemerintah kota Kendari mempromosikan kekayaan pariwisata, baik domestik maupun mancanegara melalui busana tenun khas Tolaki,” ujar Siti Ganef dalam sambutannya, Rabu (24/4/2019) di Aula Graha Pena.

Sementara itu, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin menuturkan, hari jadi pelopor perjuangan perempuan pribumi sudah sepatutnya diisi dengan hal-hal yang positif. Sebab hari Kartini mengandung esensi luar biasa bagi kemajuan kaum perempuan Indonesia.

“RA Kartini adalah sosok perempuan hebat di zamannya. Kita semua harus berterima kasih atas perjuangan yang dilakukannya. Ia menjadi pendobrak kesetaraan gender dari dominasi kaum laki-laki kala itu,” ungkap Irwan Zainuddin.

Kartini kekinian harap Irwan, bisa hadir setiap hari disetiap keluarga untuk menyiapkan penerus estafet perjuangan RA Kartini. “Sukses tidaknya seorang pemimpin karena ada sosok perempuan yang setia mendampinginya. Mental pemimpin yang hebat itu juga dibentuk dari kesabaran dan bimbingan perempuan yakni seorang ibu,” imbuh Irwan Zainuddin. 

Untuk lomba pertama, panitia menggelar peragaan busana. Sebanyak 50 ibu-ibu PKK tampil memukau dengan gaun daerah Kartini modifikasi kaidah tenun tolaki. Satu persatu mereka berjalan diatas panggil dengan gaya khas masing-masing untuk merebut simpati tiga dewan juri yakni Mieke Annas Bunggasi (Ketua Lembaga Adat Tolaki), Fatmayani Tombili dan Herniwati SE. (m1/imn).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy