HEADLINE NEWS

Liverpool Vs FC Porto : Siap Mengulang Pesta

KENDARIPOS.CO.ID — Laga pertama babak 16 besar Liga Champions segera dimulai. Takdir kembali mempertemukan Liverpool dengan FC Porto di Liga Champions. Musim lalu, kedua tim bertemu di babak 16 besar. Musim ini, pertemuan mereka setingkat lebih baik karena terjadi di babak 8 besar.

Bertemu kembali dengan FC Porto, membuat Liverpool kembali mengingat masa-masa ketika mereka sukses menciptakan banyak gol di Liga Champions. Musim lalu, The Reds menjadi klub dengan koleksi gol terbanyak. Total, Liverpool mencetak 41 gol atau rata-rata 3,2 gol per laga. Lima gol di antaranya terjadi saat melawan Porto pada leg pertama 16 Besar di kandang lawan.

Musim ini, Jordan Henderson dkk baru mampu mendulang 12 gol dari 8 laga. Atau rata-rata mencetak 1,5 gol per laga. Dengan penurunan produktivitas itu, bisakah Liverpool kembali membantai Porto lima gol dalam leg pertama perempat final di Stadion Anfield Rabu (10/4) dini hari nanti? Terkait hasil pertemuan musim lalu, winger Liverpool Sadio Mane jadi pemain paling antusias menyambut Porto. Sebab, dia jadi pencetak hattrick saat pembantaian di Do Dragao kala itu. Itulah hattrick pertama Mane selama main di Liga Champions.

“Itu momen terhebat dan salah satu malam terhebat saya sebagai pemain sepak bola. Malam itu yang selalu ingin saya ulangi,” koar Mane, dikutip situs resmi UEFA. Nah, musim ini, Mane juga merasakan situasi yang sama dengan produktivitas Liverpool. Tiga gol dalam 8 laga pertama, tidak segila dengan 7 golnya dalam jumlah laga yang sama pada Liga Champions musim lalu.

”Kami musim lalu bermain lebih sebagai sebuah tim. Kami juga kuat dalam berbagai level. Baik saat menyerang atau bertahan,” sebut winger kiri 26 tahun itu, membandingkan Liverpool di Liga Champions musim lalu dan musim ini. Karena itu, pemain Timnas Senegal itu meminta rekan-rekannya tak menganggap Porto bakal semudah seperti musim lalu. ”Terlalu berpatokan pada apa yang terjadi musim lalu, itu kesalahan terbesar kami. Musim lalu hanya musim lalu. So, kami harus bisa melupakannya,” pinta Pemain Terbaik Liverpool musim 2016-2017 itu.

Para penggawa The Reds harus mengingat warning yang dilontarkan oleh asisten pelatih Liverpool, Pepijn Lijnders. Dikutip situs This Is Anfield, Ljinders yang pernah bekerja di Porto sebagai pelatih akademi selama tujuh tahun sangat mengerti situasi di PortoGaia, sebutan kamp latihan Porto.

Terlebih setelah mereka diputuskan harus bertemu kembali dengan Liverpool pada ajang perebutan Si Kuping Lebar. ”Hanya mereka (Porto) yang menginginkan kami pada fase delapan besar,” ungkap Ljinders, kepada The Times. ”Semua klub ingin menghindari kami. Tetapi, Porto sudah sangat ingin melawan kami. Saya tahu karena saya paham mentalitas mereka.” ”Sergio (Conceicao, pelatih Porto) adalah pelatih yang mampu memotivasi, dan dia pasti menggunakan kemampuannya lagi. Motivasi bukan kata yang tepat, lebih tepatnya pembalasan. Mereka akan melakukan sesuatu kepada kami,” beber pria berkebangsaan Belanda itu.

Saat sesi konferensi pers di Melwood, kamp latihan Liverpool tadi malam WIB, tactician Juergen Klopp mengaku sempat tak mau bertemu dengan Porto lagi setelah tahu seperti apa permainan mereka. ”Setelah kami menang 5-0, saya berpikir, oke saya takkan balik ke sini lagi (Do Dragao). Pasalnya, saya sudah tahu laga akan sulit melawan mereka,” sebut Kloppo, panggilan akrabnya. Dia pun balik memuji kekuatan Danilo Pereira dkk musim ini. ”Mereka lebih terorganisir. Pada musim ini mereka telah menunjukkannya. Baik saat melawan AS Roma atau sepanjang mereka main di Liga Champions,” sambungnya.

Sementara itu, dilansir Maisfutebol, Vitor Bruno sebagai asisten pelatih Porto menganggap faktor yang jadi motivasi klubnya adalah karena akan menghadapi finalis Liga Champions musim lalu. Terlebih saat tak ada lagi sang juara bertahan, Real Madrid. ”Kami akan pergi ke Liverpool dengan ambisi besar, dan keinginan untuk melangkah ke semifinal,” tegas Bruno. (jpg)

5 Pertemuan Terakhir
07/03/18: Liverpool 0-0 Porto
15/02/18: Porto 0-5 Liverpool
29/11/07: Liverpool 4-1 Porto
19/09/07: Porto 1-1 Liverpool
15/03/01: Liverpool 2-0 Porto

5 Pertandingan Terakhir Liverpool
06/04/19: Southampton 1-3 Liverpool
31/03/19: Liverpool 2-1 Tottenham
17/03/19: Fulham 1-2 Liverpool
14/03/19: Bayern 1-3 Liverpool
10/03/19: Liverpool 4-2 Burnley

5 Pertandingan Terakhir Porto
06/04/19: Porto 2-0 Boavista
03/04/19: Sporting Braga 1-1 Porto
30/03/19: Sporting Braga 2-3 Porto
17/03/19: Porto 3-0 Marítimo
11/03/19: Feirense 1-2 Porto

Perkiraan Susunan Pemain
Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Milner; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Salah, Firmino, Mane
Pelatih: Juergen Klopp

FC Porto (4-4-2): Casillas; Maxi, Militao, Felipe, Telles; Otavio, Danilo, Oliver, Corona; Marega, Soares
Pelatih: Sergio Conceicao

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy