Politik

KPU Waspadai PSU Berulang, KPPS dan PTPS Harus Kerja Optimal

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) 59 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). PSU yang akan diselenggarakan 27 April mendatang akan menghabiskan duit ratusan juta rupiah. Logistik untuk menggelar PSU, seperti surat suara belum tersedia sepenuhnya.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib menyayangkan kurang aktifnya Pengawas TPS dalam memantau petugas KPPS selama bertugas. Penyebab PSU ini harusnya bisa dicegah lebih dini. Di TPS itu ada KPPS, PTPS, maupun saksi partai politik. Tanggung jawab Pengawas TPS tersebut tertuang dalam UU Pemilu nomor 7 tahun 2017 pasal 370. Dimana, dalam hal terjadi penyimpangan pelaksanaan pemungutan suara oleh KPPS, maka Panwaslu kelurahan/desa maupun Pengawas TPS berkewajiban memberikan saran perbaikan dan disaksikan oleh saksi yang hadir. Kemudian, petugas KPPS wajib menindaklanjuti saran perbaikan yang disampaikan oleh PTPS.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy