Pariwara
Konawe Kepulauan

KPU Konkep Hanya Gelar PSU Dua TPS

Iskandar

KENDARIPOS.CO.ID — Rekomendasi Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) pada tiga wilayah di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU), sudah ditelaah Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Namun, hasil kajian penyelenggara Pemilu di daerah itu, hanya mengabulkan dua tempat pemungutan suara (TPS) yang akan melaksanakan PSU. Yakni TPS 1 Tumbu-Tumbu Jaya, Kecamatan Wawonii Tengah dan TPS 3 Langara Iwawo, Kecamatan Wawonii Barat.

Sementara untuk TPS 1 Wakadawu di Kecamatan Wawonii Timur, tidak bisa dilanjutkan oleh penyelenggara tingkat kabupaten itu. Ketua KPU Konkep, Iskandar, mengatakan, pihaknya sudah melaksankan pleno terkait rekomendasi Panwascam, Wawonii Tengah, Wawonii Barat dan Wawonii Timur untuk melaksanakan PSU. Namun dari hasil pleno tersebut, tidak semua rekomendasi dapat dikabulkan. “Hanya dua TPS yang akan melaksanakan PSU 27 April mendatang. Yang pertama TPS 1 Tumbu-Tumbu Jaya dan TPS 3 Langara Iwawo. Kalau untuk TPS 1 Wakadawu kami tidak bisa menindaklanjuti rekomendasi Panwascam Wawonii Timur. Karena tidak memenuhi syarat formil. Karena semestinya pihak berwenang dalam hal ini Pengawas TPS menelaah dan meneliti terkait dugaan pelanggaran. Tetapi setelah kami baca kronologis rekomendasi itu, ternyata oknum Caleg melapor ke Panwascam Wawonii Timur. Berdasarkan pasal 362 ayat 2, itu jelas. Pemungutan suara dapat diulang apa bila dari hasil penelitian dan pemeriksan PTPS, terbukti. Tetapi dalam kronologis itu bukan PTPS yang mengkaji dan menelaah tapi Panwascam,” papar Iskandar, kemarin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy