HEADLINE NEWS

KPPS di Kolaka Diduga Bolehkan Mencoblos Warga tak Punya Hak Pilih

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pemungutan suara dalam helatan Pemilu 2019 yang digelar 17 April lalu telah tuntas dilakukan. Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kolaka menilai, sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Bumi Mekongga telah melakukan kesalahan roses pemungutan suara. Dengan demikian, sejumlah TPS tersebut berpotensi untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua Bawaslu Kolaka, Juhardin, mengungkapkan, ada empat TPS di Bumi Mekongga yang berpotensi PSU. Pasalnya, petugas di TPS tersebut diduga telah melakukan kesalahan dengan memperbolehkan warga yang tak memiliki hak pilih untuk mencoblos. “Empat TPS itu terletak pada empat kecamatan yakni Latambaga, Kolaka, Wundulako dan Pomalaa,” ungkapnya.

Menurut Juhardin, kesalahan dalam proses pemungutan suara tersebut disebabkan oleh kelalaian petugas KPPS. Artinya ini terjadi karena ketidakcermatan KPPS sebab sebelumnya sudah diingatkan oleh pengawas yang ada di TPS. Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka, Kamal Badu, yang dikonfirmasi mengenai adanya potensi PSU pada empat TPS tersebut mengaku belum dapat memastikan. “Kami akan identifikasi dulu, TPS mana yang potensi PSU,” singkatnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy