Pariwara
Bau-bau

Kemendagri Pantau Dana Kelurahan, Baubau Dijatah Rp 15,9 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan di daerah terus mengalir. Tidak hanya pemerintah desa dengan bantuan DD, pemerintah ditingkat kelurahan juga mendapat sokongan anggaran melalui program Dana Kelurahan (DK) yang merupakan dana tambahan DAU. Begitu pula kelurahan di Kota Baubau yang akan mendapat kucuran DK.

“Bantuan DK adalah dana transfer yang sifatnya baru. Sehingga kita perlu melihat seperti apa implementasinya di lapangan,” kata Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin saat ditemui usai kegiatan monitoring dan evaluasi implementasi Permendagri 130 tahun 2019 tentang pengelolaan kegiatan pembangunan sarana dan prasaran kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan di Aula Kantor Walikota Baubau, Senin (29/4).

Menurutnya, beberapa kabupaten dan kota di Sultra telah menerima DK yang terakomodir dalam APBD 2019. Termasuk di Kota Baubau. “Untuk total Dana Kelurahan Kota Baubau 2019 sebanyak Rp 15,9 miliar. Besaran yang didapatkan setiap kelurahan bervarisi sesuai jumlah penduduk dan luas wilayah,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan, dana DK Rp 15 miliar lebih akan didistribusikan pada masing-masing kelurahan sebesar Rp 370.148.000. “Seluruhnya untuk membiayai 182 kegiatan pembangunan sarana dan parasarana lokal kelurahan. Kemudian untuk membiayai 308 kegiatan pemberdayaan masyarakat di 43 kelurahan yang ada di Kota Baubau,” ungkapnya. Wali Kota Baubau dua periode itu, menambahkan, dalam waktu dekat ini pencairan DK akan direalisasikan. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy