HEADLINE NEWS

Jangan Salah Coblos ! Kenali 5 Warna Kertas Suara Pemilu 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilu legislatif dan Presiden akan berlangsung 17 April 2019. Ini merupakan sejaran baru di Indonesia akan diadakan serentak. Warga akan menyalurkan hak suara untuk memilih Presiden/Wapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan 5 jenis kertas suara untuk dicoblos 17 April nanti.

Pertama warna Hijau untuk kertas DPRD Kabupaten dan Kota. Kedua, warna Biru surat suara pemilu untuk untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD Provinsi). Ketiga warna Kuning surat suara pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Keempat warna Merah surat suara pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) terdiri atas surat suara untuk Pemilu Anggota DPD. Dan terakhir warna Abu-abu untuk surat suara pilpres terdiri atas surat suara pasangan calon untuk pilpres dengan ukuran 22 x 31 cm jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram. Surat suara pilpres berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam.

“Semua sudah ditetapkan, warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk presiden dan wakil presiden,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman.

Arief mengatakan, meski tidak sedikit warga yang belum mendapatkan akses informasi penuh terhadap teknis pemilihan, ia menegaskan sosialisasi sebenarnya sudah dilakukan KPU seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Menurut Arief, sosialisasi dilakukan di antaranya dengan tatap muka secara langsung, iklan di media, alat peraga sosialisasi dan penyebaran sosialiasi. (imn/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy