Pariwara
HEADLINE NEWS

Gempa Tektonik Guncang Andoolo Konsel, BMKG : Sesar Lainea Aktif

KENDARIPOS.CO.ID — gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Kamis, (25/4/2019)pukul 16:11 Wita. Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=3.5 SR.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.12 LS dan 122.34 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 28.9 km Timur Laut Andoolo, Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lainea di Timur Laut Konawe Selatan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si melalui rilis yang diterima Kendari Pos.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Andoolo-Konawe Selatan II MMI. Hingga saat ini lanjut Rosa, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. “Sampai pukul 16.35 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya. (imn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy