Metro Kendari

Dinsos Sultra Edukasi Masyarakat Tanggap Bencana

KENDARIPOS.CO.ID — Guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola bencana, Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) bertempat di Pesantren Ummushabri (Pesri) Kendari, Kamis (18/4). Kegiatan yang mengangkat tema “Mari Ciptakan Masyarakat Tanggap Bencana melalui Edukasi Tagana Masuk Sekolah (TMS)” tersebut diikuti oleh sekira seribu peserta yang terdiri atas guru dan siswa.

“Sebanyak 45 orang Tagana yang berpengalaman dan telah mengikuti Training of Trainers (ToT) Tagana Masuk Sekolah, melakukan edukasi kesiapsiagaan kebencanaan pada 1.000 siswa dan guru,” kata Yeni Rusbiati, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Sultra, Jumat (19/4/2019). Ia memaparkan, para relawan melakukan penyuluhan tentang mitigasi dan pengenalan bencana alam, termasuk pengenalan alat dan bahan penanggulangan bencana, menentukan sistem peringatan dini, pemasangan rambu evakuasi dan titik kumpul, penguatan dan pembentukan SISGANA (PMR & Pramuka) yang kemudian akan diadakan kerjasama latihan berikutnya secara berkala bersama Tagana, serta simulasi bencana gempa.

“Anak-anak di lingkup sekolah pada umumnya adalah pihak pertama yang langsung berhadapan dengan ancaman bencana. Tidak ada yang tahu kapan bencana datang, dimana saja bisa terjadi dan siapa saja yang bisa menjadi korban dampak bencana,” terangnya. Dengan TMS, diharapkan sekolah bisa memahami bagaimana melakukan pengorganisasian dan evakuasi siswa saat bencana melanda.

Sementara itu, Kepala Dinsos Sultra Armunanto berharap agar semakin banyak siswa yang paham akan kondisi lingkungan daerahnya yang rawan bencana. Serta bagaimana bisa selamat saat bencana terjadi. “TMS ini sangat penting untuk mengenalkan serta menularkan kesiapsiagaan bencana pada siswa,” ujar Armunanto. Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Ummushabri Kendari Dr. Supriyanto, MA, Kepala Dinas Pendidikan Sultra, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kendari, Kakanwil Agama Sultra, serta para Kepala Sekolah MA, MTs, MI Ummushabri. (b/m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy