Politik

Banyak Pemilih Fokus ke Pilpres Daripada Pileg

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Dr. Budi Suryadi, mengatakan, Pemilu 2019 yang menggabungkan Pemilihan presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) telah memecah konsentrasi pemilih. Menurut Budi, Pemilu serentak membuat masyarakat tidak bisa fokus terhadap keduanya bahkan pemilih cenderung mengutamakan Pilpres dan terlihat mengabaikan Pileg. “Konsentrasi pemilih yang lebih banyak ke arah Pilpres dibandingkan Pileg, bakal memunculkan permasalahan tersendiri ke depannya,” katanya, kemarin.

Ilustrasi surat suara.

Padahal, tambah dia, Pilpres maupun Pileg sama pentingnya dalam politik dan bagi masa depan bangsa serta keberlangsungan pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena banyak pemilih yang konsentrasinya pada Pilpres, membuat masyarakat tidak lagi melihat program Caleg, tetapi pemilih cenderung hanya mengutamakan hubungan emosional baik ke Caleg maupun partai. Menurut Budi, ke depan sistem tersebut harus diubah, pelaksanaan Pilpres dan Pileg harus dipisah, sehingga berbagai kelemahan yang terjadi saat ini, seperti kebingunan pemilih karena terlalu banyak kerta yang harus dicoblos, petugas yang kecapaian dan berbagai persoalan teknis lainnya, bisa diminimalisasi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy