Politik

Soal Fatwa Golput Haram Bisa Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Beri Apresiasi, Pengamat Pesimis

La Ode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru-baru ini kembali mengingatkan masyarakat agar menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019. MUI juga menegaskan sikap golongan putih (Golput) atau tidak menyalurkan hak pilih dalam kontestasi politik hukumnya adalah haram. Banyak kalangan yang optimis kalau fatwa ini bisa mendongkark partisipasi pemilih. Namun, tidak sedikit juga masih ragu. Dengan argumentasi masing-masing tentunya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib, mengaku, sangat mengapresiasi imbauan-imbauan yang disampaikan pihak manapun. Termasuk MUI. “Sepanjang itu positif dan bisa meningkatkan partisipasi pemilih, kita hargai dan apresiasi,” ungkap Abdul Natsir, kemarin. Namun, partisipasi yang diharapkan, lanjut mantan aktivis ini, tidak hanya soal kuantitas, melainkan lebih kepada kualitas. Dimana, masyarakat mengekspresikan pilihannya karena keinginan yang disertai kesadaran. Bukan karena adanya mobilisasi atau iming-iming tertentu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy