Pariwara
Edukasi

Siapkan Uang Pembinaan, SMAN 2 Baubau Dorong Siswa Berprestasi

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 2 Baubau memberi dukungan penuh kepada para siswa untuk berprestasi. Tidak hanya secara moril, dukungan finansial juga dilakukan pihak sekolah dengan menyiapkan anggaran khusus bagi siwa berprestasi. “Kita sudah programkan untuk setiap tahun ada anggaran sebanyak Rp 30 juta sampai 40 juta dialokasikan. Dana itu untuk para siswa yang berpestasi baik tingkat provinsi maupun naisonal. Baik itu berprestasi di bidang olahraga, seni maupun dari sisi pendidikan. Semua kita siapkan uang pembinaan,” terang Kepala SMAN 2 Baubau, Muhamad Radi saat ditemui di ruang kerjanya.

Dana tersebut, lanjut dia, sengaja disiapkan pihak sekolah untuk memotivasi para siswa berprestasi. Dimana dana tersebut akan diberikan secara merata kepada seluruh siswa yang berhasil mengharumkan nama sekolah. “Dana pembinaan itu kita berikan setiap akhir tahun dalam pelaksanaan upacara. Itu sengaja kita lakukan sehingga seluruh siswa berpretasi bisa menerimanya secara bersamaan dan anggaran yang kita siapkan itu bisa dibagi rata,” ucapnya.

“Makanya untuk jumlah dana pembinaan yang diterima para siswa berpretasi tidak menentu. Semua tergantung dari jumlah siswa berperstasi dalam setahun. Yang pasti pembagianya kita lakukan secara merata,” sambung Muhamad Radi. Selain menyiapkan uang pembinaan, lanjut dia, pihaknya juga mendukung para siswa untuk mengembangkan potensi sesuai kemampuan atau hobi masing-masing. Makanya setiap penerimaan siswa baru pihak sekolah menyiapkan formulir untuk diisi hobi para siswa. “Nah, dari situ kita bisa ketahui hobi dan bakat para siswa. Selanjutnya kita siapkan para pelatih, kalau bukan dari guru sekolah kita sewakan dari luar sekolah. Seperti pelatih karate, pelatih basket puteri, dancer, gitar dan marching band SMA Negeri 2 Baubau Semua dari luar. Seluruh traspor dan honornya kita biayai dengan dana BOS,” bebernya.

“Alhamdulilah banyak siswa kami bisa mewakili sekolah, Kota Baubau bahkan Provinsi Sultra berlaga di kancah nasional. Seperti saat ini, ada tiga orang siswa SMA Negeri 2 Baubau mewakili Sultra pada kejuaran Cabor karate Piala Kapolri di Kota Padang. Mereka adalah Muhamad Fifin Setiawan, Muhamad Aditia dan Jamal Said Kamal,” tambahnya.

Bukan hanya dukungan pada para siswa, pihak sekolah juga selalu mengupayakan para pelatih masing-masing untuk turut mendapingi jika ada siswa SAM Negeri 2 Baubau yang mengikuti event tertentu. “Misalkan ada kejuaraan atau pentas yang akan diikuti para siswa, tetapi tidak ada dana untuk pelatih mereka, maka kita tetap upayakan agar pelatihnya juga bisa berangkat mendapingi. Dananya kita ambil dari Komite dan bantuan dari para orang tua siswa. Itu telah kita lakukan selama empat tahun terakhir ini. Semua kita lakukan secara trasparan dan penuh keterbukaan sesuai dana yang dibutuhkan,” pungkasnya. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy