Kolaka Timur

Sambut Hari Nyepi, Ribuan Umat Hindu Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

KENDARIPOS.CO.ID — Almanak masehi menetapkan 7 Maret nanti, umat Hindu merayakan hari raya Nyepi yang dirayakan setiap tahun Baru Saka 1941. Minggu (3/3/2019), ribuan umat Hindu menggelar pawai budaya Ogoh-Ogoh sebagai wadah simakrama (silaturahmi) dalam bingkai kebhinekaan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Lamoare Kecamatan Loea, Koltim. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Eko Santoso Budiarto Sauala mengatakan, perayaan hari raya Nyepi untuk menjalankan Catur Brata Penyepian sebagai bagian dari upaya pembersihan diri atau Bhuana Alit dan alam semesta atau Bhuana Agung.

Mantan Kadistamben Koltim itu meminta agar seluruh warga Koltim tetap menjaga dan meningkatkan toleransi di Bumi Koltim. Sebab, daerah ini punya beragam budaya, suku, ras dan agama. Jadi harus saling menjaga dan menghormati sesama dimana pun bermukim. “Jaga toleransi antar sesama umat beragama, budaya, suku dan ras. Perbedaan adalah hikmah yang harus saling menghormati dan saling mengenal lebih dekat. Pawai ini merupakan budaya umat Hindu harus diikuti dengan baik oleh umat lain. Harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” imbuh Eko Santoso Budiarto Sauala.

Sekab Koltim, Eko SB Saula menambahkan sebagai kabupaten dengan tingkat kemajemukan yang tinggi, dengan beragam suku dan agama menjadikan Kolaka Timur miniatur Indonesia. “Perbedaan bukanlah penghalang bagi kita untuk bersatu dan hidup harmonis dengan kondisi yang tentram, aman dan damai,” tutupnya. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy