Pariwara
Konawe Utara

Ratusan CPNSD Konut Belum Bisa Terima Gaji

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Kabupaten Konawe Utara belum dapat menerima gaji. Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 belum mengakomodir item gaji CPNSD. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konut, Marthen Minggu menuturkan saat penyusunan APBD 2019, CPNSD Konut masih dalam proses pendaftaran dan seleksi. Sehingga ketika mereka dinyatakan lulus, gaji mereka belum terakomodir dalam postur APBD. Apalagi saat itu, belum diketahui pasti berapa yang dinyatakan lulus dalam perekrutan. “Sehingga keliru juga Pemda untuk menganggarkan. Karena belum tahu berapa orang yang lulus,” ujarnya, Jumat (15/3).

Marthen Minggu

Meski begitu, BPKAD Konut siap melakukan pembayaran gaji bagi ratusan CPNSD yang dinyatakan lulus dalam seleksi perekrutan CPNSD tahun lalu. “Tetapi karena sudah ada yang dinyatakan lulus dalam perekrutan maka siap atau tidak siap, kami tetap akan membayar gaji mereka. Tetapi solusinya nanti dibayarkan di perubahan anggaran (APBD-Perubahan 2019,red),” ungkap Marthen Minggu.

Tentunya, BPKAD Konut akan melihat berapa orang yang dinyatakan lulus dengan merujuk surat keputusan (SK) CPNSD itu. “Kalau SK-nya muncul sebelum perubahan anggaran. Maka ada ruang kita untuk memasukan gaji pada saat perubahan anggaran. Karena kalau sekarang kita mau langsung merubah APBD atau menambah gaji belanja pegawai, kan tidak mungkin. Karena ruang untuk merubah APBD hanya pada saat APBD-P,” jelas Marthen Minggu.

Mantan Kepala Inspektorat Konut itu menjelaskan lain halnya dengan bencana. Karena dalam APBD ada belanja tak terduga. Sehingga anggarannya diambil dari belanja tersebut. Jadi berbeda dengan belanja pegawai yang masuk dalam belanja tidak langsung.
“Untuk belanja tidak langsung diperuntukan sekira 2.600-an pegawai yang sudah ada. Kita belum memperhitungkan pegawai yang diangkat. Karena itu memang belum ada. Tetapi sebelum perubahan SK mereka sudah ada. Maka kita akan anggarkan dan akan diperhitungkan sejak berlaku SK nya atau tanggal mulai tugas (TMT),” tutup Marthen Minggu. (min/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy