Pariwara
Muna

Pinjaman Pemkab Muna Rp96 Miliar, Kemendagri Tunggu Kelengkapan Dokumen

KENDARIPOS.CO.ID — Pinjaman daerah Pemkab Muna senilai Rp96 miliar masih menemui sejumlah kendala. Pemkab belum melengkapi dokumen kelengkapan administrasi sebagai syarat pencairan dana. Syarat tersebut harus segera diajukan pada dua kementerian terkait. Asisten II Setda Pemkab Muna, Sukarman Loke menjelaskan kelengkapan

dokumen tersebut sebenarnya sudah pernah diajukan tahun sebelumnya. Hanya saja, kesepakatan Pemkab dan pihak bank tidak tercapai sehingga usulan pinjaman tahun ini harus dimulai dari tahapan awal. “Jadi kita melengkapi semua dokumen lagi karena berkas yang lama dinyatakan gugur,” ujarnya, Selasa (5/3).

Dokumen dimaksud antara lain term of reference (TOR) atau kerangka acuan kerja dari kegiatan pembangunan yang akan didanai. Dalam waktu dekat dokumen tersebut akan segera diproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Rencananya, 8 Maret ini kami akan bertemu dua kementerian tadi bersama dengan pihak bank,” ungkap Sukarman Loke.

Jika seluruh persyaratan tersebut telah dipenuhi, pinjaman akan dicairkan melalui Bank Sultra dan Bank Jabar Banten (BJB). Antara Pemkab dan Bank telah menyepakati suku bunga 12 persen dengan masa pengembalian selama 5 tahun. Mekanisme pencairan akan dilakukan berdasarkan progres kegiatan. “Tidak sekaligus, sesuai realisasi proyek. Khusus bunga, berlaku pengurangan sesuai nominal pencairan. Sehingga keuntungannya semakin lama, pengembalian juga semakin berkurang,” papar Sukarman.

Mantan Kadisperindag Muna itu memerkirakan tidak lama lagi pencairan sudah dapat dilakukan. Setelah pertemuan dengan Kementerian, Pemkab dan Bank rencananya segera melakukan akad pinjaman. “Dengan begitu, lelang pekerjaan sudah bisa dilakukan,” imbuhnya. Diketahui, pinjaman yang diajukan Pemkab rencananya untuk membiayai 15 proyek pembangunan. Rinciannya, Rp.51 miliar untuk pembenahan 13 ruas jalan, Rp.15 miliar untuk drainase dalam dan luar kota, Rp.20 miliar untuk penuntasan pasar Laino dan Rp.10 miliar untuk membangun jaringan perpipaan air bersih. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy