Ekonomi & Bisnis

Minim Kontribusi, OJK Dorong Konsolidasi BPR

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong kalangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sultra untuk menjalin konsolidasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala OJK Sultra M. Fredly Nasution saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/3) lalu. Menurutnya, konsolidasi itu dilakukan untuk lebih mengefektif dan mengefisiensikan sekaligus menguatkan modal BPR itu sendiri. “Di Sultra Ada 12 BPR. Nah, rencananya akan dimerger menjadi dua bank saja, yakni BPR yang ada diwilayah daratan dan dikepulauan. Jika saya dihitung, setelah BPR ini dimerger modalnya itu bisa mencapai Rp 30 miliar. Nah, dengan modal itu, bisa membuat cabang baru di Provinsi terdekat seperti di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Sehingga usahanya bisa berkembang,” jelasnya.

Kepala OJK Sultra, M. Fredly Nasution (kanan) saat berdiskusi dengan awak media terkait rencana konsolidasi BPR yang ada di Sultra.

Lanjut dia, ide mengenai konsolidasi BPR ini dilaksanakan karena masih minimnya kontribusi BPR bagi perekonomian daerah. Di mana banyak BPR di daerah yang belum optimal menjalankan fungsi intermediasi ekonomi perbankan. “Bahkan beberapa BPR belum mampu menyumbang ke pendapatan asli daerah karena minimnya kepemilikan modal. Belum lagi, masalah yang biasanya menimpa BPR tak lain berasal dari kurangnya modal atau maraknya kasus penipuan (fraud) yang terjadi di dalam manajemen,” bebernya.

Bila konsolidasi ini bisa terjadi, kata Fredly, maka pengawasan akan lebih baik serta struktur permodalan bisa menjadi lebih kuat. “Saya harap dengan mergernya BPR yang ada di Sultra ini, setidaknya sedikit banyak bisa membantu bisa membantu menfasilitasi kebutuhan masyarakat atau kredit ASN. Dengan begitu, saya yakin BPR bisa lebih berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Untuk diketahui 12 BPR yang ada di Sultra yaitu PD BPR Bahteramas Baubau, PD BPR Bahteramas Kendari, PD BPR Bahteramas Bombana, PD BPR Bahteramas Kolaka, PD BPR Bahteramas Konawe, PD BPR Bahteramas Konawe Selatan, PD BPR Bahteramas Wakatobi, PT BPR Ganda Lata, PT BPR Keraton, PT BPR Haralata Kolaka, PT BPR Mustika Utama Kendari, PT BPR Mustika Utama Kolaka. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy