Pariwara
Muna

Koordinasi Peresmian Pelabuhan Feri Raha-Pure, Rusman Segera Menghadap Menhub

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan pelabuhan Raha-Pure memasuki tahap penyelesaian akhir. Bupati Muna LM. Rusman Emba berharap pelabuhan tersebut segera difungsikan untuk mendukung mobilitas angkutan laut di Muna. Ia mengaku segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait peresmian pelabuhan tersebut. Terutama berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub). “Harapannya tahun ini bisa segera beroperasi. Tentu ini perlu koordinasi dengan pusat dan segera saya lakukan (koordinasi),” ujarnya, Jumat (15/3).

Pembangunan pelabuhan Raha-Pure memasuki tahap finishing. Bupati Muna LM. Rusman Emba segera berkoordinasi ke Kementerian Perhubungan terkait agenda peresmian pelabuhan tersebut. Tampak dermaga pelabunan feri di Pure, Wakorumba Selatan.

Kata Rusman, koordinasi perlu dilakukan mengingat pembangunan fisik dermaga dan fasilitas pendukung lainnya sepenuhnya didanai APBN senilai Rp.76 miliar yang melekat di Kementerian Perhubungan. Rusman menduga peresmian baru dapat dilakukan usai Pemilu 2019 pada April nanti selesai. “Mungkin setelah pemilu baru kami bicarakan hal teknisnya,” ungkapnya.

Mantan senator DPD RI itu menambahkan pelabuhan Raha-Pure tersebut, akan menjadi tulang punggung ekonomi antara kawasan Kota Raha dan kawasan Muna Timur. Ia berharap, mobilitas masyarakat yang mengangkut hasil bumi maupun perikanan semakin lancar. “Tentu, selain fungsi ekonomi, fungsi sosial juga akan meningkat,” tukas Rusman Emba. Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muna, La Mahi menuturkan tahap finishing pembangunan pelabuhan yang menghubungkan Desa Lagasa Kecamatan Duruka dan Desa Pure, Kecamatan Wakorumba Selatan tersisa tiga item pekerjaan. Keseluruhan dananya masih ditanggulangi Kemenhub. “Tiga item itu yakni pembangunan terminal penumpang dan musala di Lagasa, dan musala di Pure,” rincinya.

La Mahi melanjutkan, pelabuhan Raha – Pure akan digunakan moda untuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan. Nantinya, kapal feri yang selama ini bersandar di dermaga pelabuhan nusantara Raha akan dipindahkan ke pelabunan baru tersebut. “Kalau pelabuhan nusantara fokus angkutan kapal cepat. Feri pindah ke Lagasa,” pungkasnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy