Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Harga Komoditas Pertanian di Konkep Anjlok

MURSALIN/KENDARI POS
Harga Anjlok: Petani mete Abdul Jalil, saat menunjukkan kebun mete miliknya di Desa Sukarela jaya, kecamatan Wawonii Barat

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) diminta untuk lebih meperhatikan para petani yang ada di wilayahnya. Pasalnya, harga hasil bumi di Pulau Wawonii merosot turun. Misalnya komoditas jambu mete. Tahun 2018 lalu, harga kacang mete tersebut bisa mencapai Rp 20-25 ribu per kilogram. Sekarang harganya hanya Rp 18-20 ribu per kilogram. Selain mete, komoditas kopra, merica dan pala yang harganya juga merosot tajam. Kopra dari harga Rp 6000 per kilogram turun menjadi Rp 2000 per kilogram.
Adapun merica dari harga Rp 350 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Pala, harga gelondongan per kilogramnya turun Rp 4 ribu dari harga Rp 30 ribu per kilogram. Salah satu petani di Kecamatan Wawonii Tenggara, Abdul Jalil mengatakan, komoditas pertanian saat ini mulai merosot turun. Anjloknya harga tersebut terjadi saat panen jambu mete baru-baru ini.
“Penimbangan baru-baru ini harga jambu mete mencapai Rp 18 ribu per kilogram. Sementara kami menimbang waktu 2018 lalu Rp 25 ribu per kilogram,” kata Abdul Jalil saat ditemui di Kebun Jambu Mete miliknya.
Ia menuturkan, selain mete, komiditas pertanian lainnya seperti kopra, pala dan merica juga mengalami penurunan harga. “Hanya cengkeh yang masi stabil harganya di angka Rp 84 ribu per kilogram,” tutur Jalil yang didampingi petani lainnya. Dirinya berharab, Pemkab Konkep bisa mendatangkan investor pertanian di wilayahnya untuk membeli hasil komoditas pertanian di Wawonii Tenggara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy