Metro Kendari

Gubernur Ingin Sultra Beriman dan Berbudaya

KENDARIPOS.CO.ID — Gagasan Gubernur Sultra Ali Mazi membangun daerah benar-benar visioner. Duet Ali Mazi-Lukman Abunawas tak hanya ingin menggenjot pembangunan infrastruktur. Mereka sangat memahami bila sebuah daerah akan berkembang bila warganya religius dan melestarikan budaya. Lewat program Sultra Beriman dan Berbudaya, salah satu Lima Pilar Sultra Emas, Ali Mazi-Lukman Abunawas bertekad meningkatkan ketakwaan warganya dan melestarikan budaya lokal. Karena itu, Ali Mazi menempatkan Sultra Berbudaya dan Beriman sebagai poin pertama dalam Lima Pilar Sultra Emas. Mengawali kepemimpinan September 2018, Ali Mazi-Lukman menggelar pesta rakyat bertajuk Kandekandea, salah satu adat budaya Buton yang hingga saat ini masih lestari.

Gubernur Sultra Ali Mazi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Sultra Agista Ariyani saat pesta rakyat Kandekandea. Dok/KP

“Sultra Berbudaya merupakan kebijakan yang bertujuan untuk aktualisasikan nilai-nilai budaya, kearifan lokal, menghargai adat istiadat setiap kelompok masyarakat serta melindungi dan menyelamatkan masyarakat bersama warisan situs-situs budayanya. Sedangkan Sultra Beriman bertujuan membentuk sumber daya manusia (SDM) “insan kamil”. Menjadi manusia yang memiliki kualitas iman dan taqwa dengan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Ali Mazi kepada Kendari Pos.

Menurut pasangan Lukman Abunawas itu bila daerah telah berbudaya, ia optimis kehidupan sosial, pemerintahan dan dimensi lainnya akan menjadi baik. Sama halnya bila beriman, maka hubungan sesama manusia akan harmoni. Termasuk hubungan manusia dengan sang pencipta dan hubungan manusia dengan alam. Agenda Sultra Beriman dan Berbudaya, kata dia, salah satunya mendukung kesejahteraan pemuka agama. Misalnya dengan memberangkatkan umrah melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan pemerintah. Memberikan bantuan bagi para hafiz Quran, pengembanhan kampung religi. “Lalu ada juga penataan taman modern hijau di Tugu Persatuan. Revitasilasi P2ID dan lain-lain, ”
(lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy