Pariwara
Muna

Genjot PBB, Bapenda Muna Validasi Wajib Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Pajak bumi bangunan (PBB) salah satu pundi-pundi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Muna mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD). Tahun ini, badan yang dinakhodai Ari Asis itu diberi target Rp Rp.1,7 miliar dari sektor PBB. Beragam strategi bakal dilakukan untuk menggenjot pendapatan dari PBB. Salah satunya dengan memvalidasi data base wajib pajak. Kepala Bapenda Muna, Ari Asis mengaku masih kekurangan data base wajib pajak saat penarikan PBB dilakukan. Ia menyebut banyak objek pajak yang tidak tersentuh akibat belum validnya data yang didapatkan pemerintah. “Kami akan validasi ulang data untuk mencocokan semua objek pajak. Dengan begitu bisa diketahui potensi riil pendapatan dari PBB,” ujarnya, kepada Kendari Pos.

Kepala Bapenda Muna, Ari Asis .

Mantan Kepala BPKAD KabupatenMuna itu menyebutkan, realisasi PBB 2018 tidak mencapai target. Ia tidak ingin kasus serupa kembali terjadi pada 2019 sebab komitmen Pemkab adlaah untuk memaksimalkan potensi pendapatan daerah. Namun demikian, peremajaan data tersebut membutuhkan biaya tidak sedikit. “Kalau mau serius, Rp 4 miliar cukup. Karena target kami bukan saja PBB, melainkan semua objek pajak. Termasuk potensi tambang,” jelas Ari Asis.

Pendataan tersebut akan melibatkan pemerintah hingga unsur terkecil. Konten pendataan akan meliputi objek pajak dan pemiliknya. “Kepala desa dan camat akan dilibatkan. Sekarang kami baru mulai di Kecamatan Batalaiworu,” ungkap Ari Asis. Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Bapenda Muna, Syarif mengaku realisasi PBB berkisar Rp.1 miliar lebih. Jumlah tersebut masih sangat jauh dari target yang sudah ditetapkan. Data saat ini terdapat 71.928 SPT yang dipungut pajak dengan melibatkan 149 kolektor. “Selain data, kendala penarikan PBB itu juga kesadaran masyarakat,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy