Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Ekonomi Sultra Tumbuh Hingga 6,5 Persen

Suharman Tabrani

KENDARIPOS.CO.ID — Memasuki triwulan I tahun 2019, perkembangan beberapa indikator ekonomi di Sultra mengindikasikan arah pertumbuhan dengan tren meningkat. Meskipun kenaikannya tidak terlalu signifikan dengan kisaran 6,1 persen – 6,5 persen. Hal tersebut diungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra, Suharman Tabrani, melalui keterangan persnya, Jumat (15/3).
Sektor ekonomi yang diperkirakan mengalami peningkatan kinerja yaitu lapangan usaha pertambangan dan penggalian serta lapangan usaha industri pengolahan. Namun, lanjut Suharman, perlambatan pada lapangan usaha konstruksi dan lapangan usaha perdagangan besar dan eceran diperkirakan akan menahan laju akselerasi perekonomian pada periode tersebut.
“Sementara dari sisi permintaan, percepatan pertumbuhan pada konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan investasi diperkirakan mampu mendorong akselerasi perekonomian Sultra pada periode mendatang,” jelasnya.
Sebelumnya, pada triwulan IV 2018, ekonomi Sultra tumbuh sebesar 6,2 persen, mengalami perlambatan periode sebelumnya yang dapat tumbuh sebesar 7,1 persen. Dimana dari sisi permintaan, perlambatan pertumbuhan perekonomian Sultra disebabkan oleh perlambatan pada seluruh komponen utama, yaitu konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, investasi dan ekspor luar negeri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy