Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Dipicu Perubahan Cuaca, Inflasi Sultra Capai 2,66 Persen

Suharman Tabrani

KENDARIPOS.CO.ID — Tingkat inflasi atau Indeks Harga Konsumen (IHK) Sultra pada triwulan IV tahun 2018 mencapai 2,66 persen atau mengalami peningkatan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya sebesar 1,40 persen.
“Perubahan cuaca yang sangat signifikan dibandingkan dengan periode sebelumnya memberikan dampak pada terjadinya penurunan produksi beberapa komoditas seperti sayur-sayuran dan hortikultura. Selain itu, peningkatan tekanan inflasi juga terjadi pada kelompok transportasi terutama tarif angkutan udara yang disebabkan oleh aksi korporasi penyedia jasa penerbangan komersial yang melakukan perubahan struktur tarif,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra, Suharman Tabrani, Senin (18/3).
Lanjut dia, upaya pengendalian inflasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama Bank Indonesia melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sultra selama triwulan IV 2018 difokuskan pada penyusunan rencana kerja pengendalian inflasi tahun 2019 dan upaya pengendalian harga menjelang ari raya keagamaan dan libur akhir tahun.
Dari sisi stabilitas keuangan, sambung Suharman, di tengah ketidakpastian global kondisi stabilitas sistem keuangan di Sultra relatif terjaga. Kondisi tersebut kata dia, tercermin pada ketahanan keuangan sektor rumah tangga, sektor korporasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan institusi keuangan yang menunjukkan perkembangan yang positif dengan risiko yang relatif terkendali.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy