Kolaka Timur

Dinas Penanam Modal Koltim Andalkan Retribusi IMB Sumbang PAD

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Penanam Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) masih mengandalkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Koltim. IMB setiap tahunnya menyumbang PAD sebanyak Rp 300 juta.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP Kolaka Timur, Agung DL Sauala.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP Kolaka Timur, Agung DL Sauala merinci lima item penarikan retribusi dari izin, yakni retribusi IMB, izin gangguan, izin trayek, izin perikanan dan surat izin usaha perdagangan minuman beralkohol.”Dari lima item penarikan retribusi itu, hanya IMB yang terbesar targetnya dan rata-rata terealisasi 95 persen. Karena kami jalan terus dilapangan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait IMB,” kata Agung kepada Kendari Pos, kemarin.

Alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini menjelaskan, retsibusi IMB bukan saja diambil dari bangunan untuk perumahan tetapi seluruh bangunan yang ada di Koltim, baik fungsi rumah tinggal dan fungsi usaha. Saat ini tersisa empat item saja yang bisa tarik retribusinya. Sesuai Permendagri nomor 19 tahun 2017 izin gangguan dihilangkan. “Target PAD kita tahun 2019 ini dari sektor IMB sekira Rp.300 juta. Kami yakin bisa tercapai,” imbuh Agung. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy