Pariwara
Metro Kendari

Dana Bos Sultra Dicairkan, 3 Sekolah Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan pertama dilakukan Senin (18/3/2019). Kendati demikian, pencairan BOS tiga sekolah masih ditunda karena belum memasukkan data belanja modal dan Laporan pertanggung jawabannya (LPJ) dana BOS tahun 2018. Masing-masing, SMKN 1 Kadatua Buton Selatan, SMKN 2 Konawe Kepulauan dan SMKN 1 Kambowa Buton Utara.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio, mengatakan, dana BOS telah ada di Kas daerah (Kasda) Sultra sejak 13 Maret lalu. Sementara Kasda paling lama menyimpan dana itu hanya tujuh hari. Sehingga sekolah yang belum memenuhi kategori pencairan, dananya akan dipending. “Mereka sudah diberi waktu hingga 16 Maret, namun ketiga sekolah itu masih lamban dalam melengkapi berkas yang diminta. Sehingga sebagai sanksi sekolah itu akan diblok dari pencairan dana BOS,”kata akademisi Universitas Halu Oleo itu saat ditemui di ruang kerjanya.

Dana BOS tahun 2019 terdiri dari 3 bagian, yakni dana BOS reguler, BOS afirmasi dan BOS kinerja. Dana BOS reguler untuk seluruh sekolah yang telah terdata. Dana BOS afirmasi dikhususkan untuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Sedangkan dana BOS kinerja diberikan kepada sekolah yang bagus kinerjanya. “Jadi untuk total dana BOS SMA/SMK tahun 2019 sebanyak Rp 180 miliar. Untuk dana yang cair diawal yaitu dana BOS reguler sebanyak Rp 153 miliar (lengkapnya, lihat grafis),”terangnya.(m2)

Total BOS 2019: Rp 180 Miliar
BOS Reguler Rp 153 miliar
BOS Afirmasi Rp 19 miliar
BOS Kinerja Rp 7 miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy