Pariwara
Kolaka Timur

Daerah Terisolasi, Pemkab Koltim Buka Jalan dari Desa Puosu ke Lambotuo

KENDARIPOS.CO.ID — Medan jalan sulit dilalui. Bukit tinggi mengepung Desa Lambotuo. Desa yang terletak di Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) itu pun terisolasi. Pemkab Koltim dalam kendali Bupati Tony Herbiansyah bergerak membebaskan Desa Lambotuo dari keterisolasian.

H. Tony Herbiansyah

Bupati Tony Herbiansyah ingin desa itu memiliki akses jalan yang mudah dilintasi agar warga dapat memobilisasi hasil bumi. “Desa Lambotuo ini merupakan penghasil buah seperti durian, kakao dan sayur-sayuran. Akses jalan sulit untuk menuju daerah itu sehingga aspek transportasi itu jadi kendala. Bukitnya sangat tinggi sehingga kita ambil kebijakan untuk dicutting (pangkas) saja,” ujar Tony Herbiansyah, Jumat (15/3).

Menurutnya, langkah itu dilakukan untuk menjamin warga Koltim dapat menikmati pembangunan infrastruktur. Mantan Wakil Bupati Konawe itu menjelaskan ruas jalan yang akan dibenahi menuju Desa Lambutuo dimulai dari Desa Puuso Kecamatan Mowewe. Tony Herbiansyah menambahkan setelah menembus bukit Lambotua, nantinya akan dilanjutkan peningkatan jalan sehingga akses menuju desa itu mudah. “Saya berharap, masyarakat Koltim harus mendukung program pemerintah terutama dalam menyukseskan agrobisnis berdaya saing,” ungkap Ketua DPW NasDem Sultra itu. Ditempat yang sama, Camat Mowewe, Marwan mengatakan akses jalan yang akan dibuka sepanjang 1500 meter. “Dimulai dari Desa Puosu sampai Desa Lambotuo dan beberapa titik tertentu yang di kerjakan. Tujuan untuk memudahkan akses seluruh warga,” ujarnya. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy