Pariwara
Nasional

Cegah Korupsi, Menpan Terapkan SPBE

Menpan-RB Syafruddin (depan, kiri) didampingi Gubernur Sultra Ali Mazi saat menghadiri salah satu kegiatan di Hotel Claro Kendari belum lama ini. Mantan Wakapolri itu kini membuat sebuah terobosan baru dalam upaya menghidari korupsi. Namanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah menargetkan awal tahun depan sudah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Saat ini beberapa kementerian/lembaga dan beberapa pemerintah daerah telah menerapkan SPBE. “Targetnya Desember 2020. Tapi saya menginginkan awal tahun depan sudah selesai,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin di sela-sela International Reform Policy Symposium and Regional Workshop 2019 di Bali Nusa Dua Convention Center BNDCC), Bali, pada hari kedua, Jumat (15/03).

“Secara infrastruktur sebenarnya saat ini sudah ada. Bahkan beberapa sudah menjalankan SPBE namun masih silo-silo,” ungkap mantan Wakapolri ini. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, disebutkan salah satu mandat yang harus segera dilaksanakan adalah percepatan SPBE. Tujuannya adalah mempercepat penerapan aplikasi umum berbagi pakai yang terintegrasi kepada seluruh instansi pemerintah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy