Muna

Bupati Muna Pastikan 7 Ruas Jalan Muna Timur di Aspal Tahun Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna LM. Rusman Emba melakukan kunjungan kerja ke wilayah persiapan pemekaran Muna Timur dalam rangka musyawarah perencanaan pembangunan daerah 2019. Kedatangan 01 Muna itu tidak saja disambut meriah, tetapi membawa “kue” APBD untuk masyarakat Muna Timur.

Bupati Muna LM Rusman Emba (dua dari kiri) saat berkunjung ke acara Musrenbang wilayah Muna Timur di Kecamatan Pasir Putih, Selasa (19/3). Dalam kesempatan itu, Rusman Emba menegaskan akan memuluskan jalan dan mendukung pemekaran Muna Timur.

Rusman memastikan pengaspalan tujuh ruas di kawasan itu terealisasi tahun ini. Masyarakat Muna Timur di Kecamatan Pasir Putih, Pasikolaga, Wakorumba Selatan, Batukara dan Maligano mengaku sudah lama menanti perbaikan infrastruktur jalan kabupaten. Kondisi kerusakan di sejumlah ruas jalan kerap menghambat mobilitas dan distribusi barang dan jasa. “Saya pastikan tujuh poros jalan yang pengaspalan sempat tertunda akan dikerjakan tahun ini,” ujar Bupati Muna, LM Rusman Emba, Selasa (19/3).

Sementara Kepala Bappeda Kab. Muna La Mahi menguraikan, pengaspalan jalan di Muna Timur dianggarkan senilai Rp 15,7 miliar. (Lihat Grafis dibawah). “Tujuh poros itu segera dikerjakan,” kata La Mahi.

Mantan Camat Maligano tersebut menambahkan, percepatan pembangunan Muna Timur juga meliputi infrastruktur ekonomi dan pelabuhan laut. Diantaranya bantuan pusat untuk pasar rakyat Pola dan pelabuhan feri Pure-Lagasa yang rencananya diresmikan tahun ini. Dua infrastruktur itu akan menunjang kawasan Muna Timur menjadi sentra pertanian dan peternakan.

“Salah satu yang prospek itu pengembangan ternak sapi. Kami sudah dapat usulannya dan akan ditindak lanjuti,” jelasnya. Musrembang untuk kawasan Muna Timur sendiri dipusatkan di Desa Pola, Kecamatan Pasir Putih yang dirangkaikan dengan peresmian pasar rakyat. Mayoritas usulan kecamatan masih berkutat pada infrastruktur dasar, diantaranya jalan, pemecah gelombang, listrik dan jaringan telekomunikasi. Musrembang dihadiri hampir seluruh OPD dan hasilnya akan menjadi rujukan penyusunan APBD 2020 mendatang. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy