Pariwara
Konawe Kepulauan

BPK dan DPR Sanjung Pembangunan Konkep : Keliling Wawonii Bisa Lewat Darat

KENDARIPOS.CO.ID — Dinamika pembangunan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) diapresiasi anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Prof. Harry Azhar Azis dan anggota Komisi XI DPR RI, Amirul Tamim. Lebih spesifik, Harry Azhar Azis memuji terobosan duet Bupati Konkep, Amrullah dan Wakil Bupati, Andi Muhamad Lutfi yang mengalokasikan anggaran Rp 6 miliar untuk pendidikan diploma hingga strata tiga.

Bupati Konkep, Amrullah,MT menerima cendera mata dari anggota XI BPK RI Prof. Harry Azhar Azis (kiri), disaksikan Wakil Bupati Konkep, Andi Muhamad Lutfi dan anggota DPR RI Amirul Tamim di pendopo Rujab Bupati Konkep, Kamis (14/3).

Terobosan itu dinilai sangat visioner. Karena penilaian untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ada dua indikator, yakni kemiskinan dan pengangguran. Dan indikator ini dapat disetujui. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia 2018 ada diangka 70,8 persen. Penilaian indikator IPM diantaranya, aspek kesehatan dan pendidikan. Semua indikator IPM itu sudah dijalankan bupati. Kalau ada orang miskin yang tidak teratasi di daerah ini maka akan diminta pertangung jawabannya diakhirat,” ujar Harry Azhar Azis kepada Bupati Amrullah saat sosialisasi peran, tugas dan fungsi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan DPR RI dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa (DD), di Pendopo Rujab Bupati Konkep, Kamis (14/3).

Ditempat yang sama, Amirul Tamim mengatakan, tahun 2012 lalu, kondisi infrastruktur di Pulau Wawonii sangat memprihatinkan. Akses antara Langara dan Moso Wawonii Tenggara, tidak bisa ditempuh melalui jalur darat. Warga harus melalui jalur laut. Kondisi itu kini sudah jauh berbeda. Kali ketiga ke Konkep, Amirul Tamim tertegun melihat hasil pembangunan. “Saya sudah bisa melingkar di Pulau Wawonii melalui jalur darat. Pembangunan infrastruktur sangat berkembang. Saya yakin Wawonii bisa tumbuh dan berkembang,” kata Amirul Tamim.

Saat ini ada 89 desa tersebar di tujuh kecamatan yang masing-masing mendapatkan DD sekira Rp 800 juta. Belum lagi anggaran yang bersumber dari ADD dan anggaran lainnya. Menurut Amirul, pengelolaan DD dapat memperkuat desa. “DD ini sangat berpotensi untuk pengembangan wisata alam maupun wisata kuliner,” ungkapnya. Sebelumnya, Bupati Konkep, Amrullah memaparkan kondisi infratsruktur jalan lingkar di Konkep sudah bisa dinikmati masyarakat. Kini, Pemkab akan mengalokasikan anggaran peningkatan akses jalan yang menghubungkan tujuh kecamatan. “Semua akses jalan sudah terbuka. Dari titik terjauh kami dari yakni Desa Moso ke Langara sudah bisa ditempuh kurang lebih satu jam,” ujar Amrullah.

Pembangunan sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur terus digenjot. Amrullah mengaku belum memikirkan pembangunan rumah jabatan (Rujab) bupati, wakil bupati dan rujab pimpinan DPRD Konkep. “Saya dan adinda saya Andi Muhamad Lutfi, fokus dipembangunan kesehatan pendidikan dan infrastruktur jalan dan jembatan,” jelasnya. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy