Pariwara
Konawe

1.173 Pasangan Usia Subur di Konawe Diminta Ikut KB

KENDARIPOS.CO.ID — Tingginya angka pasangan usia subur (PUS) berbanding lurus dengan pertumbuhan angka kelahiran. Tercatat, 1.173 pasangan di Kecamatan Anggotoa, Konawe. Mereka diminta ikut dalam program keluarga berencana (KB), sebab semakin kecil angka kelahiran, semakin besar peluang kesejahteraan. Hal itu juga menjadi sasaran nonfisik tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-104, dengan memberikan beragam penyuluhan yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat, seperti penyuluhan keluarga berencana (KB).

KB : Penyuluhan KB di TMMD ke-104 di Kecamatan Anggotoa, Konawe. Masih seribuan lebih pasangan usia subur di kecamatan itu yang belum masuk dalam program KB. Mereka diminta ikut dalam program.

Koordinator lapangan PLKB/PKB, Fatma Adriani menyampaikan, ada sekiranya 1.173 PUS di Anggotoa dengan jumlah peserta KB aktif 729 orang. Ia mengimbau masyarakat, agar dalam penggunaan alat kontrasepsi harus tepat sasaran baik yang menggunakan hormon, atau tidak menggunakan hormon. Soal cara penggunaan alat kontrasepsi harus berkoordinasi dengan petugas kesehatan di Puskesmas, agar tidak terjadi kesalahan yang berdampak buruk bagi kesehatan. “Selama ini, data keberhasilan KB kami dapat dari kader, dan kami himpun tiap bulannya, untuk kami laporkan ke Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe. Kami minta agar yang belum aktif KB, supaya segera ber-KB,” ucap Koorlap PKLB Kecamatan Anggotoa itu di Balai Desa Karandu saat penyuluhan keluarga sehat dan KB dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe, Rabu (13/3).

Ditempat yang sama, Kepala Sub Bagian Dinas pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe, Pawenari Nanang menyampaikan, bahwa penyuluhan ini sudah terjadwal dan dapat bersinergi dengan program nonfisik TMMD ke-104 ini. “TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program KB sehingga dapat menekan angka kelahiran di Konawe,” ujarnya. Sementara itu, Komandan Kodim 1417 Kendari, Letkol Cpn Fajar Luvti Haris Wijaya berharap agar penyuluhan keluarga sehat dan KB dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kecamatan Anggotoa yang merupakan basis dari program TMMD ke-104 Konawe. “Tak hanya ketahanan nasional, ketahanan pangan dan ketahanan keluarga juga harus dijaga,” ujarnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy