Pariwara
Metro Kendari

Siapkan Lahan di Wawolemo, Pemprov Sultra-Jakarta Kerjasama Kembangkan Sapi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggagas kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk program pengembangan sapi. Lahan ratusan hektar di Wawolemo, Konawe disiapkan sebagai lokasi proses pengembangan sapi yang dilakukan Pemprov DKI. Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Pemprov Sultra, Harmin Ramba mengatakan minggu ketiga Februari perwakilan Pemprov DKI Jakarta akan datang di Sultra. Mereka akan meninjau lokasi rencana pengembangan sapi yang terletak di Wawolemo, Kabupaten Konawe. Kata dia, Sultra menyiapkan lahan eks peternakan seluas 554 ha. Hanya saja, baru termanfaatkan 150 ha, tersisa 350 ha yang bisa didigunakan. “Itulah yang kita tawarkan kepada DKI. Kita akan menawarkan areal lahan pengembangan sapi, fasilitas karantina, fasilitas penanganan hewan dan fasilitas pemotongan,” tuturnya.

Ketua Perkemi Sultra itu menjelaskan kerjasama nanti akan dilakukan dalam dua versi. Pertama pengembangan antara pemerintah dengan pemerintah terkait pengembangan sapi. Kedua, mengenai perdagangan antara BUMD DKI Jakarta dengan BUMD Sultra. “Kalau bicara pengembangan, bicara terkait ternaknya. Begitu bicara perdagangannya, itu diserahkan ke BUMD. Pemerintah tidak bisa menjual, makanya hal itu akan diatur dalam konsep kerjasama,”terangnya. Ia berharap kerjasama ini akan mendatangkan banyak manfaat yang bisa diperoleh.

“Sultra punya lahan tapi dana kita sangat terbatas. Tentunya kita konsepnya saling menguntungkan. Pihak DKI kembangkan sapi di Sultra dan hasilnya DKI juga yang akan beli. Jadi kerjasama ini sangat menguntungkan kedua pihak,” harapnya. Sistemnya akan segera diatur. Setelah Jakarta berkunjung, baru akan dibahas mengenai draft perjanjian kerjasama. Saat ini masih sementara akan menyusun memorondum of understanding (MoU). (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy