Pariwara
Edukasi

Praktik Mengajar Mahasiswa Filipina berakhir

Sintha Puspitaningrum/Kendari Pos
Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan (kiri) saat mengobrol dengan salah seorang mahasiswa Filipina yang praktik di sekolahnya, Jurel, beberapa waktu lalu.Jumat (1/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Tugas prajabat guru program South Asean Minister Education Organization (SEAMO) telah usai. Jurell A. Ordanes, mahasiswa Saint Louis University asal Filipina akhirnya telah menyelesaikan praktik mengajar prajabat selama 1 bulan di SMAN 4 Kendari. Jumat (1/2) lalu di SMAN 4 Kendari, telah dilakukan pelepasan penugasan mahasiswi semester 3 tersebut, di ruang kerja Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan.

Saat ditemui, Ruslan menyampaikan terimakasih kepada Jurel, sebagai guru prajabat matematika. Sejak kehadirannya di sekolah yang dipimpinnya, siswa siswinya sangat termotivasi dan memiliki harapan dan tekad yang tinggi pula. “Dengan melihat tekad seorang Miss Jurel, anak-anak menjadi berfikir untuk bisa mendunia. Harus membuka cara berfikir tentang cakrawala dunia. Miss Jurel saja bisa melakukan Program Pengalaman Lapangan (PPL) hingga Indonesia dari Filipina,” ungkap mantan Kepala SMAN 10 Kendari.

Saat ini, siswa-siswinya SMAN 4 telah lancar berbahasa Inggris. Karena sekolah yang menjadi salah satu sekolah favorit di Sultra ini, sudah membiasakan diri berbahasa Inggris. Dimana, pada hari tertentu harus menggunakan salah satu bahasa internasional ini. Sehingga selama pengajaran Miss Jurel semua siswa mudah dalam berkomunikasi walaupun masih pasif, siswa bisa menerima materi dari gadis kelahiran 1998 asal Filipina ini.

“Kami berharap kepada pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHO, jika ada penurunan mahasiswa dari program SEAMO lagi, kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk mereka,” tambahnya. Saat ditemui di acara pelepasan, Jurel mengaku senang bisa menyelesaikan tugas dengan baik namun juga sedih karena harus berpisah. Ia berharap bisa membawa ilmu dari yang diperoleh di SMAN 4 Kendari. Mahasiswa semester tiga Saint Louis University Filipina ini juga berpesan kepada seluruh siswa di SMAN 4 kendari untuk terus melanjutkan keinginannya walaupun dalam tekanan apapun hingga menjadi sukses.

“For students at SMAN 4, kalian semua adalah siswa terbaik. Tetaplahmenjadi yang terbaik meski dalam tekanan apapun,” tutur Jurel. Sebagai informasi, lima Mahasiswa Filipina dalam Program Pre-service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project), 4 Januari lalu tiba di Sulawesi Tenggara untuk mengajar di beberapa sekolah pilihan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mereka secara resmi diterima oleh Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof.Dr.Muhammad Zamrun Firihu,M.Si.,M.Sc., sejak (11/1) lalu. Lima Mahasiswa asal Filipina ini telah resmi pulang kenegaranya tanggal 5 Februari lalu. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy