Pariwara
Konawe Selatan

Perencana OPD di Konsel Dilatih Responsif Gender

KENDARIPOS.CO.ID — Para perencana OPD lingkup Pemkab Konawe Selatan (Konsel) dilatih responsif gender dalam pelatihan Perencanaan Pembangunan Responsif Gender (PPRG). Kegiatan itu digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Konsel, Kamis (7/2).

PPRG : Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, Sjarif Sajang pelatihan Perencanaan Pembangunan Responsif Gender (PPRG), Kamis (7/2). Kegiatan itu digelar DP3A Konsel.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, Sjarif Sajang mengungkapkan, pengarusutamaan gender (PUG) sangat penting dalam pembangunan daerah. Untuk mengoperasionalkan strategi pengarusutamaan gender itu, telahd diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 94 Tahun 2013 tentang petunjuk penyusunan dan penelaahan, pengesahan, dan pelaksanaan DIPA di tingkat pusat. Yang juga menjadi dasar dalam menyusun PPRG di daerah. “PPRG ini merupakan strategi nasional percepatan PUG yang telah di kukuhkan melalui surat edaran bersama (SEB) empat menteri melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender,” jelasnya.

Disisi lain, pelaksanaan PPRG di amanatkan oleh Permendagri No 67 Tahun 2011 tentang tahapan perencanaan, pelaksanaan, penganggaran hingga monitoring dan evaluasi, yang mengacu pada Permendagri No 54 Tahun 2010 dan No 59 Tahun 2007 tentang tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan dan tentang pengeloaan keuangan daerah. “Atas itu, kita lakukan inisiasi PPRG yang wujudnya adalah tersusunnya Anggaran Responsif Gender (ARG) bagi program-program atau kegiatan di beberapa OPD demi pengarusutamaan gender di Konsel,” tandas Sjarif.

Sementara itu, Kepala DP3A Konsel, Yuliana menjelaskan kegiatan ini untuk meningkatkan SDM gender yang memiliki kompetensi optimal, sehubungan makin meluasnya cakupan perkembangan pelaksanaan PPRG. “Dengan tujuan, untuk menyiapkan tenaga terlatih dalam menyusun PPRG sesuai dengan ketentuan dan prioritas pembangunan, khususnya di lingkungan Pemda dengan memberikan pemdampingan atau fasilitasi bagi OPD yang membutuhkan,” kata Yuliana. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy