Pemkab Buton Gagas Sekretariat Bersama Pengawasan Dana Desa – Kendari Pos
Buton

Pemkab Buton Gagas Sekretariat Bersama Pengawasan Dana Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton tak ingin dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat disalahgunakan oknum kepala desa. DD yang berorientasi peningkatan pembangunan berbasis desa itu harus tepat sasaran. Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton pun menggagas pembentukan sebuah organisasi pengawasan yang diberi nama Sekretariat Bersama Dana Desa (Sekber DD).

La Madi

Sekber itu akan melakukan pengawasan penggunaan dana desa. Langkah tersebut untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa yang dapat merugikan masyarakat dan desa. Hal itu ditegaskan Kepala DPMD Buton, La Madi. “Insya Allah dalam waktu dekat kita akan bentuk sekretariat bersama guna penanganan dana desa ini,” ujarnya, saat ditemui di kantor Bupati Buton.

Komposisi Sekber DD menurut La Madi akan diisi DPMD, Inspektorat, Kepolisian, Kejaksaan dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buton. Jika nanti ada laporan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan DD akan terlebih dahulu dikaji oleh Sekber DD ini. Lalu direkomendasikan kepada aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) untuk melakukan pemeriksaan.

“Hasil rekomendasi APIP itu akan ditindaklanjuti apakah laporan itu betul-betul salah atau hanya dugaan masyarakat. Kalau ditindaklanjuti barulah rekomendasi APIP itu dilanjutkan kepada pihak kepolisian atau kejaksaan untuk ditangani,” jelas La Madi. Ia menambahkan kedudukan Sekber DD ini akan diperkuat surat keputusan (SK) Bupati Buton. Saat ini tengah dikaji Bagian Hukum Setda Buton. Untuk diketahui jatah dana desa (DD) Kabupaten Buton untuk tahun 2019 meningkat menjadi Rp 71 miliar lebih, meningkat sekira Rp 8 miliar dari tahun 2018, yang hanya berkisar Rp 63 miliar lebih. (mel/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top