Pariwara
Muna Barat

Pemda Muna Barat Target Akreditasi Seluruh Puskesmas

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 11 Kecamatan di Muna Barat (Mubar) sudah memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pemkab Mubar terus meningkatkan fasilitas Puskesmas demi meraih akreditasi. Untuk saat ini, sekira enam Puskesmas yang baru mendapat akreditasi dasar dan madya. Pemkab melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar menargetkan seluruh Puskesmas terakreditasi. Gedung Puskesmas terus ditata agar memenuhi standar kelayakan. Begitu pula fasilitas, ketersediaan dokter dan paramedisnya.

AKREDITASI : Pemkab Mubar menargetkan seluruh Puskesmas di daerah itu terakreditasi. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, Hidayat (kiri) mendampingi Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada (tengah) saat peresmian Puskesmas Guali.

Hidayat menambahkan lima Puskesmas yang mendapatkan akreditasi dasar (bintang satu) yakni Puskesmas Barangka, Sidamangura, Lailangga, Pajala, dan Kombikuno. Sedangkan akreditasi madya diraih Puskesmas Marobea. “Kita bersyukur dengan capaian yang diraih. Sebab kita merupakan daerah yang baru mekar tetapi geliat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat bisa terwujud,” ujarnya, kepada Kendari Pos.

Dinkes Mubar tak ingin berpuas diri dengan capaian itu. Sebagai orang nomor satu di Dinkes Mubar, Hidayat terus berbenah untuk mengisi kekurangan-kekurangan sebelumnya. Sebab, tiap tiga tahun akan ada lagi akreditasi. Penilaian tim akreditas dari Kemenkes RI meliputi administrasi, alkes, tenaga kesehatan dan lain sebagainya. Hidayat berharap Puskesmas yang sudah mendapatkan akreditas untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Saya bangga dengan kerja keras teman-teman di Puskesmas sehingga kita meraih akreditas ini,” tutupnya. (yaf/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy