Pariwara
Metro Kendari

PAD Capai Rp 133 Miliar, Kesadaran Wajib Pajak Kendaraan Membaik

KENDARIPOS.CO.ID — Tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan balik nama kendaraan bermotor mulai membaik. Faktanya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Sultra mencatat pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2018 dari kendaraan bermotor sebesar Rp 133 miliar, dari target 105 miliar. Di sisi lain, pendapatan dari biaya balik nama kendaraan bermotor Rp 253 miliar, dari target Rp 200 miliar.

Kepala Sub Bidang Pendapatan dan Pengenaan Pajak Bappenda Sultra, La Ode Mahbub mengatakan, kesadaran wajib pajak Sultra, jika dilihat dari sisi penerimaan, mengalami peningkatan. Terlihat dari barometer penerimaan yang meningkat dari tahun sebelumnya, karena diantisipasi dengan berbagai cara atau strategi pemungutan pajak daerah. “Seperti pelaksanaan razia di 12 kabupaten yang dilakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Samsat. Apalagi, UPTD kabupaten telah memiliki sistem IT, sehingga berpengaruh terhadap penerimaan daerah,” jelas Mahbub saat ditemui di ruang kerjanya, kepada Kendari Pos.

Adanya Samsat di kabupaten akan mempercepat sistem pelayanan pajak. Kata dia, imbas dari kesadaran wajib pajak terhadap daerah yaitu meningkatnya PAD. Sepanjang 2018, kata dia pendapatan pajak mencapai Rp 694 miliar dari target Rp 606 miliar. Mahbub melanjutkan Dispenda, tahun ini menaikkan target PAD menjadi 705 miliar. “Begitu kita ambil barometer penerimaan pajak tahun 2018 meningkat, jadi ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Menurutnya, keberhasilan pendapatan daerah ditunjang oleh kesadaran masyarakat terhadap kewajiban untuk membayar pajak kendaraan bermotor maupun kendaraan berat yang ada di industri pertambangan dan industri lain. Mahbub mengimbau wajib pajak kendaraan bermotor, untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Yang tidak membayar pajak karena pajak sifatnya memaksa, akan dikenakan sanksi. (m12/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy