Pariwara
Kolaka Utara

Lebih 8.000 KPM Kolut Terima Bantuan Non Tunai

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) tahap I Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah berlangsung di sejumlah kecamatan. Lebih dari delapan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bumi Patampanua itu dipastikan menerima dua kali lipat bantuan terhitung Januari 2019.

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinsos Kolut, Munawar Halil menjelaskan, besaran BSNT tahun 2017 lalu sama rata yakni Rp. 1.890.000. Tahun ini dikembalikan ke aturan yang diberlakukan tahun 2013 yakni besarannya bantuan diklasifikasikan berdasarkan kategori. “Dikembalikan ke aturan sebelumnya tetapi nominalnya naik dua kali lipat. Saya lupa angka pastinya jumlah KPM Kolut, yang jelas hampir sembilan ribu,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/2/2019).

Jika merujuk pada regulasi tahun 2013 itu, ibu hamil (bumil) menerima Rp. 1 juta maka tahun ini sekira Rp. 2,4 juta, kategori SD Rp. 450 menjadi Rp.900 ribu, SMP Rp. 750 ribu menjadi Rp. 1,5 juta dan siswa SMA menjadi Rp. 2 juta. Kategori penerima KPM diantaranya adalah anak pra sekolah (apras), lansia dan penyandang disabilitas. “Nominalnya berbeda-beda. Bumil dan balita yang sebelumnya digabung saat ini dipisah,” tutur Munawar Halil.

Bantuan setiap keluarga bisa mencapai jutaan rupiah apabila memenuhi semua kategori tersebut. Pemerintah hanya berpatokan pada kategori nominal rupiah tertinggi semisal bumil, lansia, penyandang disabilitas serta balita. “Penyaluran masih berlangsung di lapangan,” ungkap Munawar. Sesuai SK Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial tentang indeks dan komponen Bansos PKH tahun ini terbagi tiga komponen antara lain bantuan tetap, bantuan komponen kesehatan, bantuan komponen pendidikan dan bantuan komponen kesejahteraan sosial.

“Ada dua kategori yang diterima PKH yakni PKH reguler senilai Rp 550 ribu dan PKH akses Rp 1 juta. Sementara itu menyangkut komponen bantuan kesehatan kebutuhan dasar kesehatan ibu hamil dan anak usia 0 hingga 6 tahun yang besarannya masing-masing Rp 2,4 juta. Proses penyaluran ke lapangan sudah dijadwalkan masing-masing oleh bank penyalur di setiap kecamatan,” tutup Munawar. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy