Pariwara
Konawe Selatan

Layani 6.148 Rekening, Aset BPR Bahteramas Konsel Capai Rp 23 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Bahteramas Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) ke IX Tahun Buku 2018, Rabu (6/2). RUPS dibuka oleh Asisten II Provinsi Sultra, Dr. Hj. Nur Endang Abbas. Turut hadir, Kepala DPKAD Konsel, Sahlul, Dirut PD Bahteramas, Ahmat, Dewan Pengawas, Yusuf Matundu, dan Kepala OJK Prov Sultra, Muh Fredly Nasution.

RUPS : PD BPR Bahteramas Konsel menggelar RUPS. Kepala DPKAD Konsel, Sahlul mewakili Bupati Konsel dalam RUPS. Tampak Asisten II Setda Provinsi Sultra, Dr.Hj. Nur Endang Abbas (duduk, dua dari kanan) mewakili Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Mengawali laporannya, Dirut BPR Bahteramas, Ahmat mengatakan BPR telah memberikan layanan perbankan pada 24 kecamatan. “Selain itu Bahteramas juga sudah menyasar daerah tetangga dekat Konsel yakni Kabupaten Bombana,” ungkapnya. Ahmat menyebut total aset BPR Bahteramas tahun 2018 mencapai Rp 23 miliar atau tumbuh sekira 23 persen dari tahun 2017, dengan melayani 6.148 rekening. “Yang mana Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami pertumbuhan bersumber dari dana tabungan dan deposito sebesar Rp 7,4 miliar,” sebutnya.

BPR Bahteramas Konsel juga telah menyalurkan kredit sebesar Rp 20,4 miliar pada tahun 2018. Saat ini, BPR telah membukukan pendapatan sebesar Rp. 4,7 miliar, dan keuntungan laba berjalan setelah di kurangi biaya operasional senilai Rp 1 miliar. Kepala OJK Sultra, Muh Fredly Nasution mengapresiasi kinerja para jajaran direksi dan para pemegang saham BPR Bahteramas Konsel yang telah memberikan manfaat bagi masyarakat, pengurus, para pemegang saham dan pegawai itu sendiri. Ia berharap masih perlu ada inovasi untuk menhimpun dana yang sedang sulit saat ini. “Termasuk prestasinya yang mampu meningkatkan predikat Bahteramas dari status pengawasan intensif menjadi pengawasan normal. Karena angka NPL/kredit macet yang mengalami penurunan, yang masih perlu di tingkatkan kinerjanya sehingga menjadi BPR Sehat,” jelas Fredly.

Bupati Konsel yang diwakili Kepala DPKAD Konsel, Sahlul menyampaikan lembaga keuangan berperan dalam mendorong pertumbuhan kawasan, ekonomi dan infrastruktur dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Ini dibuktikan dengan adanya dukungan penuh pemerintah, masyarakat dan eksistensi lembaga keuangan. Sehingga Konsel memiliki 23 desa maju saat ini yang sebelumnya tidak ada. 281 desa berkembang, dan 21 tertinggal yang dikarenakan akses yang belum memadai yakni daerah Kecamatan Laonti,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai pemegang mandat dan pemilik saham mayoritas BPR Bahteramas dan mewakili Gubernur Sultra, Asisten II Provinsi Sultra, Dr. Hj. Nur Endang Abbas mengatakan RUPS ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menyumbangkan kinerja keuangan yang baik. “Dari Hasil RUPS ke-IX ini, berdasarkan laporan hasil evaluasi kinerja BPR Bahteramas Konsel Tahun Buku 2018 dan pemaparan Rencana Bisnis Bank (RBB) oleh Dewan Pengawas dan Direksi serta memperhatikan tanggapan, saran dan masukan peserta rapat, maka dengan ini menerima dan mengesahkan laporan tahunan Tahun Buku 2018 dan RBB Tahun 2019,” ungkapnya. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy