Pariwara
Metro Kendari

Kapolda Sultra Ajak Masyarakat Hidup Bersih dan Jaga Lingkungan

KENDARIPOS.CO.ID — Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto menyambangi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, Kamis (21/2). Ia didampingi anggotanya dan sejumlah personel TNI melakukan bersih-bersih di kawasan tersebut dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional bertajuk “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”

Brigjen Pol Iriyanto

Kata Kapolda, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepolisian dalam menjaga kebersihan lingkungan. Momentum ini, harus memotivasi diri untuk membangun kesadaran tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Hal itu dapat dilakukan melalui pengelolaan sampah yang baik dan mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat. Termasuk, meningkatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat luas dalam pengelolaan sampah. “Yang terpenting juga harus terbangun sinergitas antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah yang semakin baik.

Hingga saat ini pengelolaan sampah masih bermasalah dan belum optimal. Mulai tahun 2015 lalu, potensi sampah plastik yang ada di lautan Indonesia rata-rata mencapai 187,2 ton per tahunnya. Sehingga Indonesia menjadi negara terbesar kedua di dunia yang menyumbangkan sampah ke laut,” bebernya.

Menurutnya, pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir dengan melibatkan semua komponen pemerintah dan masyarakat. Ini adalah momentum yang baik untuk menyosialisasikan, membangun partisipasi dan mengedukasi masyarakat guna berkomitmen menciptakan lingkungan yang bebas sampah, bersih dan sehat.

“Bersama teman-teman TNI, kita mengajak masyarakat mengelola sampahnya dengan baik di lingkungan tempat tinggal hingga di TPAS. Kami juga berharap agar masyarakat dapat mengimplementasikan kebiasaan hidup bersih, yang dapat dimulai dari aktivitas sehari-hari. Dengan pengelolaan sampah yang baik, akan menjadikan lingkungan sekitar menjadi bersih dan tentunya dapat menyehatkan tubuh,” harapnya. (m13/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy