Jelang Pemilu Serentak 2019, BI Sultra Jamin Persediaan Uang Perbankan Aman – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Jelang Pemilu Serentak 2019, BI Sultra Jamin Persediaan Uang Perbankan Aman

Irfan Farulian

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sultra menyebutkan bahwa persediaan uang masih aman, jelang pemilihan umum (Pemilu) serentak yang akan diselenggarakan 17 April 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah KPw BI Sultra, Irfan Farulian saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/2).

Katanya, perhelatan pesta demokrasi bukan saja di pusat, namun juga dilakukan di daerah bahkan sampai ketingkat kabupaten dan kota. Tentu ini akan berpengaruh terhadap aktivitas ekonomi di Sultra.

“Kami dari BI mempertimbangkan juga berapa persen dampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Untuk mendukung aktivitas ekonomi pasti dibutuhkan pembayaran baik tunai maupun non tunai. Olehnya itu, kami menjamin hingga saat ini ketersediaan uang masih aman,” ungkapnya.

Namun disisi lain, kata dia, pihaknya sudah memperkirakan pasti akan terjadi lonjakan permintaan uang berdasarkan histori yang sebelumnya dan BI juga sudah siap mengantisipasinya dan bahkan saat ini mencoba melakukan maping kemasing-masing daerah yang ada di Sultra.

“Kita mempunyai kas titipan selain di sini, BI juga mempunyai kas titipan itu perannya sama seperti BI dengan menggandeng perbankan misalnya kas titipan di Baubau kita gandeng BNI Baubau, di Kolaka kita gandeng BRI Kolaka dan di Kota Raha kita gandeng BRI Raha,” ujarnya.

Melalui kas titipan tersebut, lanjut Irfan, pihaknya mendapatkan informasi seberapa banyak kebutuhan uang masyarakat dan sampai bulan Februari ini belum terjadi lonjakan bahkan uang kas kelebihan harus di tarik. “Kas titipan di Baubau plafonnya sebesar Rp 250 miliar, di Kolaka Rp 200 miliar dan di Kota Raha kita siapkan Rp 150 miliar. Bahkan di Baubau sekarang plafon sudah kelebihan, artinya uang banyak yang masuk dan belum terlihat permintaan yang lebih dari masyarakat,” ucapnya.

Di Bulan Maret mendatang diproyeksikan akan meningkat permintaan uang. Dan saat ini masih bisa memenuhi kebutuhan perbankan untuk memenuhi ATM, permintaan perbankan dalam memenuhi kas minumnya. “Kemudian kas minimum BI sudah terpenuhi sehingga kalau pun terjadi gejolak permintaan dari masyarakat yang cukup besar kita bisa memenuhinya karena Minggu lalu juga kami sudah drop dari Makassar,” cetusnya.

Saat ini belum ada permintaan yang cukup besar dari perbankan dan sekarang proses masih infow atau uang masuk, “Saya pastikan ATM yang tersebar tidak akan ada kekosongan dan perbankan juga sampai saat ini masih bisa dipenuhi bahkan di kas titipan pun minta ditarik,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy